Pagi Ini, Cuaca Sekitar Semeru Cerah

Gunung Semeru terlihat dari Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021). (ANTARA/Fiqih Arfani) Gunung Semeru terlihat dari Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021). (ANTARA/Fiqih Arfani)

LUMAJANG: Cuaca di sekitar kawasan Gunung Semeru dari Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang terpantau cerah pada Selasa pagi, 7 Desember 2021. Angin yang bertiup juga tak terlalu kencang.

“Sejak Sabtu lalu, baru sekarang cuacanya cerah dan segar. Sebelum-sebelumnya  ada awan panas guguran dan mendung,” ujar Hari, salah seorang warga ditemui di desa setempat, Selasa, 7 Desember 2021.

Terlihat juga puncak gunung yang tingginya 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut. Tidak sedikit warga dan relawan yang mengabadikan puncak Mahameru dengan kamera ponselnya.

“Mumpung kelihatan, sayang kalau tidak diabadikan mas,” katanya sambil terus memotret mengambil dari berbagai angle.

BACA: Malam ini, Gunung Semeru Semburkan Lava Pijar

Sebelumnya, pada Senin malam, Semeru yang merupakan gunung api tertinggi di Pulau Jawa tersebut sempat mengeluarkan lava pijar.

Dipantau dari Kampung Renteng di Kecamatan Candipuro, terlihat jelas guguran lava dari puncak gunung. Meski demikian, warga setempat mengaku tak khawatir karena fenomena seperti itu kerap terlihat.

Pada Sabtu sore terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang mengeluarkan awan panas guguran dan berdampak pada daerah di sekitar. Ratusan warga terpaksa harus mengungsi ke berbagai tempat aman.

 


(TOM)

Berita Terkait