Tradisi Pladu, Ratusan Warga Tulungagung Berburu Ikan Mabuk

Ratusan warga berburu ikan 'mabuk' di sepanjang aliran Sungai Brantas di Tulungagung, Jawa Timur. Ratusan warga berburu ikan 'mabuk' di sepanjang aliran Sungai Brantas di Tulungagung, Jawa Timur.

TULUNGAGUNG: Memanfaatkan momem pladu, ratusan warga berburu ikan 'mabuk' di sepanjang aliran Sungai Brantas di Tulungagung, Jawa Timur. Berbagai jenis ikan mudah ditangkap karena sedang mabuk akibat terseret derasnya arus sungai.

Flushing atau pengurasan Waduk Wlingi dan Lodoyo di Blitar menjadi momen yang ditunggu warga Desa Tapan, Kecamatan Kedungwaru. Ratusanwarga  berburu ikan dengan hanya berbekal berbagai alat tangkap ikan tradisional, bahkan juga tangan kosong.

Salah seorang warga mengatakan, dibandingkan tahun lalu, pada pladu kali ini ikan yang diperoleh warga lebih banyak. Jenis ikan yang berhasil di tangkap juga bermacam-macam. Diantaranya ikan bekel, ikan nila dan ikan bader.

BACA: Buaya Muara Sepanjang 1,5 Meter Resahkan Warga Kediri

"Yang paling banyak adalah ikan bekel, " ujar Sibun, salah satu warga.

Kesempatan berburu ikan mabuk  saat pladu ini hanya berlangsung sekitar 3 jam. Meski tak lama,  pladu selalu menarik antusias warga untuk beramai-ramai mencari ikan.

 


(TOM)

Berita Terkait