Pemprov Jatim Izinkan Resepsi Pernikahan di Masa Pandemi Covid-19

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Clicks: Bagi kalian para pasangan di Jawa Timur (Jatim) yang berencana untuk menikah tahun ini, jangan kahwatir. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim mulai mengizinkan acara resepsi pernikahan yang sebelumnya dilarang. 

"Untuk mantenan khususnya proses tradisi tidak apa-apa digelar, tapi yang hadir maksimal 50 persen. Tapi kalau acara hiburannya tidak diizinkan alias dilarang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, Sinarta, dikonfirmasi, Senin, 15 Maret 2021, seperti dilansir dari Medcom.id.

Tak hanya itu, objek-objek wisata juga sudah mulai dibuka di sana dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Tetapi, untuk seni pertunjukan masih belum diperbolehkan karena belum menemukan konsep yang aman.

Sinarta mengaku pihaknya sedang mencari solusi agar seni pertunjukan dapat digelar walaupun di tengah pandemi covid-19. 

Mengingat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mulai membahasnya dengan aparat keamanan.
 
"Pihak keamanan (polisi) bisa memberi dukungan (izin) secara maksimal. Termasuk, kalau butuh pendampingan (Disbudpar) kita lakukan," ujarnya.
 
Pihaknya menerima telah banyak permintaan dan harapan dari para seniman untuk berpentas. Lantaran mereka sudah sekitar satu tahun ini vakum sejak pandemi covid-19.
 
"Misalnya seniman di Surabaya juga meminta izin untuk menggelar pertunjukan dan didampingi Satpol PP, agar kerumunan bisa diatur sesuai prokes," ucapnya. (Amaluddin)


(SYI)

Berita Terkait