Hore, 154 Tempat Wisata di Jawa Timur Mulai Dibuka Bertahap

Gunung Bromo menjadi salah satu jujukan wisman ke Jatim (Foto / Istimewa) Gunung Bromo menjadi salah satu jujukan wisman ke Jatim (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Tempat wisata di Jawa Timur (Jatim) mulai buka secara bertahap. Penurunan kasus Covid-19 dan status PPKM menjadikan beberapa sektor usaha melakukan pelonggaran, termasuk pariwisata. Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jatim, dari 257 area wisata, saat ini sudah sebanyak 154 area wisata yang buka. Namun, wisata air masih tutup seperti kolam renang di hotel.

"Alhamdulillah sudah tiga minggu ini Jatim masuk kategori Level 2. Semua sektor dibuka bertahap dan terbatas, seperti pembelajaran tatap muka (PTM). Mal juga mulai dibuka, restoran sudah bisa dine-in, yang awalnya hanya 30 menit, lalu jadi 1 jam," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kamis 16 September 2021.

Khofifah menyatakan, sektor UMKM akan terus didorong untuk bergerak, salah satunya melalui pameran The 8th Koperasi dan UMKM Expo 2021 secara hybrid. "Dengan expo hybrid ini berarti kita melakukannya dengan penuh kehati-hatian, kita melakukan dengan menjaga protokol kesehatan ketat," katanya.

BACA JUGA : Susul Surabaya, Bioskop di Malang Diizinkan Buka

Khofifah mengatakan, beberapa bulan terakhir ini masyarakat Jatim diminta untuk mengurangi kegiatan di luar rumah kecuali untuk kebutuhan logistik, termasuk sektor-sektor usaha seperti mal harus tutup. Saat PPKM Darurat, pusat perbelanjaan ditutup. Sedangkan pasar tradisional dibatasi jam operasionalnya.


(ADI)

Berita Terkait