Tekuk Ekuador, Senegal Lolos Dampingi Belanda

Kalidou Koulibaly usai membobol gawang Ekuador/ist Kalidou Koulibaly usai membobol gawang Ekuador/ist

DOHA: Timnas Senegal memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Ekuador 2-1 di laga terakhir Grup A di Al Thumama Stadium, Selasa malam, 29 November 2022.  

Dua gol Senegal dicetak Ismaila Sarr lewat titik putih di menit ke-44 dan Kalidou Koulibaly di menit ke-70. Sementara satu gol Ekuador dihasilkan Moises Caicedo di menit ke-68.

Laga penentuan ini berlangsung sengit sejak menit awal. Senegal yang diharuskan menang untuk lolos dari fase grup ini bermain menyerang. Mereka langsung menekan di setiap bola dalam penguasaan mereka.

Di sepanjang babak pertama, Ekuador sejatinya mendominasi penguasaan bola dengan 56 persen kepemilikan. Namun efektivitas permainan mutlak menjadi milik Senegal dengan 12 kali tembakan percobaan dan empat di antaranya tepat sasaran.

Diakhir babak pertama, Senegal akhirnya membuka skor setelah Ismaila Sarr berhasil menyarangkan bola lewat titik putih. Penalti diberikan wasit setelah pemain belakang Ekuador, Piero Hincapie melanggar Ismaila Sarr di kotak terlarang.

BACA: Keterlaluan, AS Hapus Lafal Allah di Bendera Iran Jelang Laga Penentuan

Ekuador yang hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak 16 besar mencoba mencari gol penyeimbang. Enner Valencia dkk mmenggempur pertahanan Senegal di awal babak kedua.

Usaha tak kenal lelah para pemain Ekuador akhirnya membuahkan hasil di menit ke-70. Diawali dari sepak pojok, Moises Caicedo membobol gawang Senegal melalui tandukan kerasnya. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Namun tak butuh waktu lama bagi Senegal untuk kembali unggul. Dua menit kemudian, Kalidou Koulibaly sukses menceploskan bola lewat sontekan dari jarak dekat. Gol pemain Napoli itu diawali dari tendangan bebas. Tanpa kontrol, Koulibaly menyambar bola merobek gawang Ekuador.


Kemenangan ini membuat Senegal mengantongi 6 poin di posisi runner up Grup. Sementara Belanda memuncaki klasemen dengan 7 poin sukses mengalahkan tuan rumah Qatar 2-0.


(TOM)