Kasus Polisi Arogan di Sidoarjo, Bripka AN Bakal Disanksi Propam

Detik-detik oknum anggota polisi menembakan pistol ke udara di depan warga (Foto / Metro TV) Detik-detik oknum anggota polisi menembakan pistol ke udara di depan warga (Foto / Metro TV)

SURABAYA : Bidang Propam Polrestabes Surabaya memastikan akan memberikan sanksi tegas kepada Bripka AN anggota Reskrim Polsek Rungkut. Sanksi ini terkait aksi Bripka AN yang melepaskan 2 tembakan ke udara saat cek cok dengan warga Dusun Tambak Bulak, Desa Tambakrejo, Waru, Sidoarjo.

Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo mengatakan sudah memeriksa secara internal Bripka AN. Dia memastikan anggotanya itu akan dikenai sanksi sesuai dengan SOP yang berlaku. “Sudah kami amankan bersama senpinya dan yang bersangkutan akan diberi sanksi tegas dan tidak ada toleransi,” ujar Hartoyo.

Hartoyo mengatakan jika Bripka AN memiliki izin aktif penggunaan senpi yang masih berlaku. Namun, dua tembakan yang dilakukan oleh Bripka AN tetap menyalahi aturan. “Yang bersangkutan memiliki izin, namun penggunaannya tidak boleh sembarangan. Hanya boleh digunakan dalam keadaan terpaksa seperti untuk melindungi jiwa, dan pembelaan diri saat bertugas,” imbuh Hartoyo.

Ditanya terkait kronologis, Hartoyo mengatakan saat itu keadaan Bripka AN sedang darurat karena istrinya segera melahirkan dan sudah dalam kondisi pendarahan. Namun, kemudian terjadi kesalahpahaman dan Bripka AN lantas mengeluarkan tembakan ke udara dua kali. Hartoyo lantas meminta maaf kepada masyarakat.

“Perilaku seperti itu tidak patut dilakukan. Hal yang seperti itu juga menjadi koreksi bagi kita untuk lebih melakukan pengawasan terhadap anggota sehingga tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang menyimpang di kemudian hari,” pungkasnya.

Baca juga : Viral, Oknum Polisi Arogan Tembakan Pistol di Pemukiman Warga

Sebelumnya diberitakan beritajatim, Anggota Reskrim Polsek Rungkut berinisial Bripka AN terekam Kamera Closed Circuit Television (CCTV) menembakan pistol ke udara 2 kali usai berselisih dengan salah satu warga Dusun Tambak Bulak, Desa Tambakrejo, Sidoarjo, Selasa 17 Mei 2022.

Dari rekaman tersebut, tampak Bripka AN yang menggunakan Jaket merah dan keluar dari mobil hitam yang ia kendarai. Ia lantas beradu mulut dengan beberapa orang warga. Aksi saling dorong melibatkan Bripka AN dan beberapa warga hingga saling memaki.

“Aku Polrestabes,” ujar Bripka AN usai menembakan tembakan pertama ke udara.


(ADI)

Berita Terkait