Hiu Tutul Seberat 1,5 Ton Terdampar di Pesisir Laut Selatan Jember

Hiu tutul ditemukan mati di pesisir laut selatan Jember/metrotv Hiu tutul ditemukan mati di pesisir laut selatan Jember/metrotv

JEMBER: Seekor hiu tutul terdampar di Pesisir Laut Selatan Jember, Jawa Timur, Kamis 14 Juli 2022. Hiu seberat 1,5 ton dengan panjang 7 meter ditemukan dalam keadaan mati. Proses evakuasi tidak dapat dilakukan karena terkendala ombak besar di bibir pantai.

Hiu tutul atau hiu paus (rycodon typus) ditemukan pertama kali oleh sejumlah nelayan pantai Nyamplong Kobong, Kecamatan Gumuk Mas, Jember yang tengah melaut.  Sebelumnya ada sekitar tujuh hiu yang terseret ombak dan terdampar di bibir pantai.

"Namun enam diantaranya berhasil kembali ke tengah laut. Sementara satu hiu ditemukan mati, " ujar salah satu nelayan.  

BACA: Korban Tewas Miras Oplosan Surabaya Bertambah Jadi 5 Orang

Sementara Petugas Polisi Air dan Udara Polres Jember dibantu nelayan berupaya mengevakuasi bangkai hiu tutul seberat 1,5 ton dengan panjang 7 meter tersebut untuk dikuburkan. Namun ombak besar yang terus terjadi membuat proses evakuasi terkendala.

"Ukuran Hiu ini cukup besar dan cuaca buruk membuat evakuasi sedikit terkendala. Sekarang kita dibantu nelayan dan pihak-pihak yang berkompeten untuk menguburkan, " ujar AKP M Nai, Kasatpolair Polres Jember.

Penyebab matinya ikan hiu itu diduga karena cuaca pesisir laut selatan yang cukup ekstrem dalam sepekan terakhir. Ombak setinggi lima meter disertai angin kecang kerap terjadi.

 


(TOM)