Diduga Keracunan Nasi Kotak, 23 Warga Jombang Dilarikan ke Rumah Sakit

Salah satu warga menjalani perawatan setelah diduga mengalami keracunan makanan/metrotv Salah satu warga menjalani perawatan setelah diduga mengalami keracunan makanan/metrotv

JOMBANG: Diduga keracunan makanan, puluhan warga di Desa Podoroto, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dilarikan ke rumah sakit Sabtu dini hari, 14 Mei 2022.   Selain mengalami pusing dan mual, mereka juga mengalami muntah-muntah usai mengkonsumsi nasi kotak dari acara sebuah pengajian.

Warga  rata-rata mengalami mual, pusing hingga muntah mengaku usai menyantap nasi kotak yang berisi ikan, telur, mie, serta tahu gorengan. Makanan tersebut didapat dari acara pengajian rutin di salah satu tetangga, pada Rabu malam, 11 Mei 2022.

“Hari Kamis Siang, mulai agak kerasa. Muntah siang gitu, habis makan nasi kotak, nasi telur sama mie dan tahu. Habis acara yasinan. Sakit Perut. Saya masuk hari ini ke puskesmas,” ujar Muhammad Rizky, pasien korban keracunan.

BACA: Hasil Penelitian: Menatap Akuarium Baik untuk Kesehatan

Karena reaksi terjadi pada Kamis pagi, beberapa warga yang mengalami gejala keracunan ringan masih enggan memeriksakan diri ke Puskesmas. Puncaknya pada Sabtu dini hari, puluhan warga langsung berbondong-bonding memeriksakan diri ke rumah sakit karena sudah mengalami dehidrasi hebat

Ketua RT Desa Podoroto Suratman mengatakan, total ada sekitar 30 orang yang mengikuti acara pengajian tersebut. Dari 30 orang, ada 23 orang yang mengalami gejala yang sama usai menyantap nasi kotak. Bahkan karena sebagian ada yang mengalami dehidrasi hebat, para pasien ada yang dirujuk ke Rumah Sakit di Mojokerto

“Ada salah satu orang sekitar jam 10 dibawa ke puskesmas. Katanya penyakitnya agak aneh, di bawa ke RS Sakinah Mojokerto sampai sekarang belum bulang. Tadi sore saya bawa lagi dua orang ke RS Sakinah sekitar jam 7. Ini sekitar 20 an orang yang di puskemas sisanya di RS Sakinah Mojokerto,”

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak tim medis dan pihak kepolisian untuk perkembangan kasus ini. (end)

 


(TOM)