52 Kereta Api Lokal di Jatim Mulai Beroperasi Hari Ini

PT KAI mulai mengoperasikan kereta lokal di Jatim (Foto / Medcom.id) PT KAI mulai mengoperasikan kereta lokal di Jatim (Foto / Medcom.id)

SURABAYA : Sebanyak 52 Kereta Api (KA) Lokal di Jawa Timur kembali beroperasi hari ini, Rabu 22 September 2021. Kebijakan ini dibuat setelah penurunan status Pebatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel di Jatim.

Beberapa KA lokal yang beroperasi diantaranya, KA Dhoho relasi Surabaya-Kertosono-Blitar PP, KA Penataran relasi Surabaya-Malang-Blitar, KA Tumapel relasi Surabaya-Malang PP. Selain itu KA Jenggala relasi Sidoarjo– Mojokerto PP, KRD relasi Surabaya-Kertosono PP, KRD relasi Sidoarjo–Bojonegoro PP dan kereta ekonomi lokal relasi Surabaya-Pasuruan PP.

Manager Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif menyampaikan, total ada 52 KA lokal yang kembali beroperasi di tengah penurunan level PPKM di beberapa wilayah di Jatim. Tetapi, masyarakat yang akan menggunakan kereta api lokal harus memenuhi syarat perjalanan. Syarat perjalanan ini sebagaimana ditetapkan melalui SE (Surat Edaran) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 69 tahun 2021, yaitu wajib vaksinasi minimal dosis pertama.

Selain itu, penumpang juga diminta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi, sebagai syarat perjalanan yang terdapat data vaksin dosis pertama. Bila tak menggunakan aplikasi peduli lindungi, maka sertifikat vaksin wajib ditunjukkan oleh calon penumpang.

Baca Juga : Dukung PON, Garuda dan Citilink Tambah Frekuensi Penerbangan Tujuan Papua

"Anak dibawah 12 tahun tidak diperkenankan melakukan perjalanan dan pelaku perjalanan tidak diwajibkan menunjukkan surat keterangan hasil negative RT PCR/Antigen dan STRP atau surat tugas/keterangan perjalanan lainnya," ucap Luqman, melalui keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, dalam pengoperasian kembali sejumlah KA lokal ini juga tak ada perubahan jadwal, sebagaimana sebelum non-aktif sementara beberapa waktu lalu. Namun demi kenyamanan dan mencegah adanya kontak fisik, pihaknya meminta masyarakat membeli tiket KA lokal melaui aplikasi KAI Access. Sejumlah kemudahan aplikasi KAI Access menjadikan aplikasi ini sangat dianjurkan saat bepergian menggunakan kereta api.

"Layanan Kereta Api tetap hadir untuk membantu mobilitas masyarakat yang tetap harus bepergian di masa pandemi covid-19. KAI selalu mematuhi seluruh kebijakan pemerintah dalam hal penanganan covid-19 pada moda transportasi kereta api," katanya.


(ADI)

Berita Terkait