Ibadah Haji 2021 Dibatalkan, Ini Respon IPHI Jatim

Wakil Gubernur Jatim sekaligus Ketua IPHI Jatim Emil Elestianto Dardak (Foto / Metro TV) Wakil Gubernur Jatim sekaligus Ketua IPHI Jatim Emil Elestianto Dardak (Foto / Metro TV)

SURABAYA : Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Timur (Jatim) turut prihatin atas pembatalan keberangakatan ibadah haji 2021. Mereka berharap, para calon jemaah bisa bersabar dan mengambil hikmah atas pembatalan tersebut.

Ketua IPHI Jatim Emil Elestianto Dardak mengatakan, kondisi pandemi masih tidak memungkinkan bagi calon jemaah untuk berangkat. Meski begitu dia optimis dan berdoa agar tahun depan ibadah haji kembali dibuka dan calon jamaah haji dapat kembali menunaikan ibadah hajinya

"Kami bersimpati dan turut bersedih dengan yang dialami saudara-saudara kita yang memang sudah mendapat giliran haji namun batal. Mudah-mudahan tahun depan ibadah haji kembali dibuka sehingga mereka dapat kembali melaksanakan rukun islam yang kelima," katanya Sabtu, 5 Juni 2021.

BACA JUGA : Ingin Disegerakan Naik Haji? Yuk, Amalkan Doa dan Selawat Ini!

Emil juga mengaku akan melakukan pendampingan dan bersilaturahmi dengan para calon jamaah haji untuk memberikan semangat dan motivasi. Harapannya para calon jemaah haji bisa tetap berbesar hari dan mengambil hikmah atas semua ini.

“Kami berharap teman-teman IPHI di masing-masing daerah kabupaten kota memberikan pendampingan dan membangun silaturahmi. Kami juga akan melibatkan para calon jemaah haji dalam berbagai kegiatan IPHI," tuturnya.

Emil juga menyebut IPHI Jawa Timur belum menerima pengaduan atau laporan penarikan dana oleh para calon jemaah atas pembatalan ini. "Sampai saat ini belum ada yang spesifik melakukan pengaduan tapi IPHI sangat terbuka menerima aspirasi dari calon jamaah haji. Kami juga percaya Kementerian Agama akan mengambil langkah terbaik terkait hal ini," katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait