Sering Dianggap Buatan Luar Negeri, Padahal 5 Produk Ini Asli Indonesia

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Banyak produk asli Indonesia yang mendunia. Namun banyak orang seringkali menganggap produk-produk tersebut justru berasal dari luar negeri. Berikut 5 produk asli Indonesia yang sering dianggap dari luar negeri.

1. Polygon

Brand produk sepeda tersebut ternyata diproduksi di Sidoarjo, Jawa Timur. Padahal, banyak yang menyangka merek ini berasal dari luar. Pasalnya, dulu produk sepeda ini pertama kali memang dipasarkan di luar negeri. Setelah sukses, barulah kembali di bawa ke dalam negeri.

Sepeda Polygon pernah digunakan di UCI DH World Cup tahun 2013 oleh tim Internasional UR Team.

2. SilverQueen

Siapa sangka jika merek coklat lezat ini rupanya milik perusahaan lokal. SilverQueen dapat anda temukan dengan mudah di berbagai toko. Pabrik SilverQueen berada di Garut, Jawa Barat. Ming Chee Chuang, sang pemilik, dulunya membeli perusahaan NV Ceres dari Belanda lalu dibuatlah SilverQueen.

3. HokBen

Nama restoran cepat saji dengan sajian menu khas Jepang ini tentu sudah sangat tidak asing. Hoka-Hoka Bento alias Hokben hadir dengan konsep yang memang Jepang sekali. Tak heran jika kebanyakan orang mengira Hokben berasal dari Negeri Sakura. Nyatanya, brand restoran cepat saji ini sudah ada sejak tahun 1985 di bawah naungan PT Eka Bogainti yang berkantor di Jakarta.

baca juga : 5 Tradisi Unik Masyarakat Menyambut Ramadhan

4. J.Co

Toko donat yang menjual berbagai macam donat warna warni dan berbagai varian menu lain ini rupanya juga milik pengusaha lokal. J.Co berdiri di bawah perusahaan Johny Andrean Group. Saat ini gerai J.Co telah tersebar di berbagai kota di Indonesia dan juga beberapa negara, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Arab Saudi.

5. Indomie

Merek Indomie memang sudah sangat populer di dunia. Tidak hanya di negara-negara Asia saja, tapi juga di negara Eropa, Amerika, dan Australia. Merek ini bahkan sudah diekspor di lebih dari 80 negara di dunia.

Indomie sudah ada sejak tahun 1969 dan pada saat itu baru ada Indomie rasa kaldu ayam. Kemudian seiring berjalannya waktu, Indomie memiliki beragam varian rasa. Hingga sekarang tercatat ada sekitar 30 lebih rasa Indomie.

Kebanyakan varian rasa yang diciptakan oleh Indomie adalah rasa khas makanan Indonesia seperti rasa soto ayam, soto mie, soto Lamongan, soto Padang, rendang, ayam geprek, mie Aceh, dendeng balado, dan masih banyak lagi.

 


(ADI)

Berita Terkait