Mengaku Malaikat Kubur, Rusak Puluhan Nisan di Blitar

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

BLITAR : Puluhan batu nisan di tempat pemakaman umum (TPU) lingkungan Glondong Satreyan Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar Jawa Timur, diduga dirusak. Uniknya, pelaku meninggalkan pesan yang mengatasnamakan malaikat penjaga kubur. Kasatreskrim Polres Blitar AKP Tika Pusvita membenarkan kejadian tersebut.

“Kita sudah menerima laporan, dan saat ini sedang ditindaklanjuti,” katanya, Kamis 16 Februari 2023.

Peristiwa perusakan diketahui sejak Selasa 14 Februari 2023. Konstruksi sejumlah nisan di area pemakaman berantakan. Pada beberapa bagian nisan rompal, bekas dihantam benda keras.

Total nisan yang rusak berjumlah 56. Di lokasi juga ditemukan selembar kertas yang ditempel pada tembok makam. Kertas bertuliskan pesan bernada peringatan:

“Maaf !!! Bpk Juru Kunci/RT/RW/Kamituwo Awal Kesepakatan, Makom/Kuburan Glondong Dilarang dikijing berupa apapun. Hanya 2 batu nisan/maesan saja. Camkan !. TTD Munkar & Nakir".

baca juga : Sopir Ngantuk, Minibus Angkut Satu Keluarga Masuk Jurang di Jember

Seementara itu, Camat Kanigoro Aan Ernawanto membenarkan adanya dugaan perusakan puluhan nisan di wilayah tempat pemakaman umum Satreyan. Temuan dugaan perusakan itu telah dilaporkan ke kepolisian. Pada saat ini perangkat dan tokoh masyarakat, kata Aan tengah rapat membahas hal itu.

“Benar telah terjadi dugaan perusakan. Saat ini masyarakat tengah berembug,” ujarnya.


(ADI)

Berita Terkait