Bukan Ikan, Warga Malang Dapat Granat Saat Mancing

Persiapan pemusnahan (disposal) granat temuan warga. (Istimewa) Persiapan pemusnahan (disposal) granat temuan warga. (Istimewa)

MALANG: Sebuah granat yang diduga masih aktif ditemukan warga saat memancing di pinggir Sungai Belong di Dusun Karanglo Segaran, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin, 8 Agustus 2022.

Granat tersebut ditemukan oleh  warga bernama Wisnu Sapta, 55, menemukan  saat berjalan di aliran sungai untuk mencari lokasi memancing ikan sekitar pukul 07.30 WIB.

Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat mengatakan, warga menemukan benda lonjong berbahan besi dan memiliki pengait yang diduga granat tangan saat berjalan di pinggir sungai. Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke polisi.

"Kami apresiasi warga yang segera melapor saat menemukan benda yang mencurigakan mirip granat, kami segera mengamankan lokasi agar tidak terjadi hal di luar prediksi," katanya, Selasa, 9 Agustus 2022.

BACA:  Tamat! Pemkab Blitar Tutup Pedepokan Gus Samsudin

Ferli mengatakan setelah mendapatkan laporan, anggotanya langsung mendatangi dan mengamankan TKP dengan memasang garis polisi pada pukul 08.00 WIB. Petugas pun memeriksa sejumlah saksi dan meminta bantuan kepada Subden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim.

"Barang itu diduga granat tangan jenis fregmentasi MK 2," ujarnya.

Sekitar pukul 11.12 WIB, anggota Subden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim datang ke TKP dan langsung mengamankan sebuah granat tangan jenis fregmentasi MK 2 dengan cara membungkus pada selimut bomblanked.

Pukul 11.30 WIB, granat dibawa menuju Dusun Petung Wulung, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, untuk dilakukan disposal. Pemilihan lokasi dikarenakan sepi dan jauh dari pemukiman.

"Granat tangan dibawa petugas ke Dusun Petung Wulung, Singosari, untuk dilakukan disposal (pemusnahan)," ungkap dia.

 


(TOM)