Menggenggam Batu dapat Menahan Keinginan BAB, Yakin?

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Clicks: Sepertinya hampir semua orang pernah berada dalam kondisi menahan buang air besar (BAB). Kondisi itu dapat terjadi lantaran kita tidak dapat langsung pergi ke toilet karena adanya antrean yang panjang di depan bilik toilet atau meeting yang masih lama.

Ada cara unik yang dipercaya sebagian orang agar keinginan buang air tersebut dapat tertahan. Mungkin terdengar tak masuk akal, namun beberapa orang mengeklaim cara itu efektif menahan rasa BAB, yakni dengan menggenggam batu.

Dilansir dari Dokter Sehat, seorang pakar kesehatan memaparkan bahwa menggenggam batu sebenarnya sama sekali tidak membantu menahan buang air besar. Lantas, mengapa ada yang merasa berhasil dengan cara tersebut?

Ternyata, pikiran kita dikuasai oleh sugesti yang tercipta. Sehingga, hal tersebut cukup dipercaya secara turun-temurun. Hanya dengan memegang batu kuat-kuat saat kondisi mendesak tersebut dianggap manjur.

Bahkan, sugesti dan kekuatan pikiran itu memang nyata dan terbukti ampuh pada mayoritas pasien yang menderita beberapa penyakit tertentu. Menurut laman Psychology Today, ada banyak penelitian ilmiah yang melibatkan banyak pasien yang diberikan sugesti berupa hipnoterapi.

Jadi, berkurangnya keinginan BAB bukan berasal dari batu yang kita genggam sekeras mungkin. Namun, semua itu berhasil karena sugesti yang kita ciptakan.

Tapi perlu diperhatikan, dalam keadaan apa pun lebih baik tidak terlalu sering menahan rasa ingin buang air besar. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan mulai dari peradangan, infeksi, hingga memicu pertumbuhan sel kanker.


(RAI)

Berita Terkait