Pasien Covid-19 Salat Ied di RS Lapangan Indrapura Surabaya

Pasien dan tenaga medis melakukan salat Idul Fitri di RS Lapangan Indrapura Surabaya (Foto / Metro TV) Pasien dan tenaga medis melakukan salat Idul Fitri di RS Lapangan Indrapura Surabaya (Foto / Metro TV)

SURABAYA : Puluhan pasien covid-19 melaksanakan Salat Idul Fitri 1442 H di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kogabwilhan II Jalan Indrapura, Surabaya, Kamis 13 Mei 2021. Selain pasien, para tenaga medis juga mengikuti salat Id.

Salat Idul Fitri di RS Lapangan Indrapura berlangsung khusu'. Pelaksanaan salat dibagi menjadi dua zona. Tenaga medis berasa di zona hijau atau depan tenda A, gerbang pemulangan dan tersambung dengan zona merah tempat pasien dirawat.

Usai salat, beberapa pasien nampak meneteskan air mata saat berdoa bersama. Satu pasien terpaksa salat dengan mengenakan alat bantu pernapasan.

Penanggung jawab RSL Kogabwilhan II, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, mengatakan salat Idul Fitri di RS Lapangan ini digelar sebagai bentuk dukungan moril dan untuk mewadahi kebutuhan pasien. Sebab, sebagian besar pasien beragama Islam.

"Dengan demikian maka aspek psikososialnya bisa kita dapatkan sehingga semuanya bisa lebih enjoy. Kita tidak menyelesaikan medisnya saja, tapi masalah nonmedisnya juga kita dapatkan," katanya.

I Dewa Gede Nalendra berharap, pelaksanaan salat Idul Fitri ini bisa mengobati kerinduan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang memang tujuan utamanya pulang ke Indonesia untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Hingga saat ini RSDL merawat sekitar 66 orang pasien dan 30 orang di antaranya merupakan PMI.

 

 


(ADI)