Hattrick Hokky Bawa Indonesia Gebuk Timor Leste

Selebrasi pemain Timnas Indonesia/itong Selebrasi pemain Timnas Indonesia/itong

SURABAYA: Awal manis digoreskan Tim Nasional Indonesia usai mengalahkan Timnas Timor Leste 4-0 di penyisihan Grup F babak Kualifikasi Piala Asia U-20/2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu malam,  14 September 2022.

Tiga gol Indonesia diborong Hokky Caraka pada menit 11, 29' dan 49'. Satu gol lagi dilesakan  pemain pengganti Rabbani Tasnim menit 89.

Hingga 10 menit babak pertama berjalan, Skuat Garuda Nusantara, julukkan untuk Timnas Indonesia mendapatkan sejumlah peluang mencetak gol. Lima peluang matang didapat anak asuh Shin Tae yong lewat Ginanjar, Kakang dan Hokky Caraka, namun belum menjadi gol.

BACA: Vietnam Gilas Hongkong 5-1

Akhirnya pada menit ke 11, Hokky Caraka mencetak gol pembuka untuk Timnas Indonesia U-20. Sepakannya dari dalam kotak penalti bergulir pelan, namun tanpa bisa dihalau kiper Timor Leste.

Indonesia kembali mendapat peluang. Dari sepak pojok yang diambil Arkhan Fikri menit 15, bola disundul Kakang Rudianto. Sayang, si kulit bundar masih belum menemui sasaran.

Timor Leste mendapat kesempatan lewat setpiece bola mati. Beruntung, bola masih luput dari sundulan Fernando Xzvier yang baru masuk pada menit 14, menggantikan Anizo Correa.

Kesempatan kedua didapat Timor Leste pada menit 23. Tendangan keras Joao Bosco dari luar kotak penalti masih tepat ditangkap penjaga gawang Indonesia Cahya Supriadi.

Semenit berselang, giliran Luis Figo mengancam gawang Indonesia. Beruntung, sepakannya setelah mengecoh bek Timnas Garuda Nusantara masih bisa diblok Cahya. Serangan balik Timor Leste hingga laga berjalan setengah jam cukup merepotkan,

Beruntung Indonesia memiliki striker Hokky Caraka. Pada menit 29, Hokky kembali mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan tarik Kakang Rudiyanto dari sisi kiri pertahanan Timor Leste, Hokky sukses menanduk bola menaklukkan Filonito. Skor 2-0 untuk Garuda Nusantara.

Ginanjar berpeluang mendapatkan peluang mencetak gol ketiga untuk Indonesia. Sayang, sepakan keras kaki kirinya masih lemah pada menit 32.

Timor Leste kembali merespon cepat. Menit 34, Rivaldo mendapat peluang mencetak gol setelah bek Indonesia Robi Darwis luput menghalau bola. Namun, Supriadi berjibaku dan sukses menyelamatkan gawang Indonesia dengan aksinya menahan bola tendangan Rivaldo.

Spekulasi juga dilakukan kapten Timor Leste Cristevao Fernandez. Beruntung, bola masih bisa diamankan Supriadi. Empat peluang Timor Leste didapat, dan semuanya on target.
Hingga 45 menit pertama berakhir, Timnas Indonesia tetap unggul  2-0 atas Timor Leste.

Babak kedua, pergantian dilakukan Shin Tae yong dengan memasukkan Ronaldo Kwateh. Hokky Caraka memang striker haus gol. Hattrick-nya alias gol ketiganya usai menerima umpan lambung Robi Darwis menjadi bukti. Hokky melompat lebih tinggi dari pemain Timor Leste dan menceploskan bola dengan kepalanya. Skor 3-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Indonesia kembali mendapat kans menambah skor. Namun sayang, aksi Ginanjar masih bisa digagalkan kiper Timor Leste Filonito Nogueira. Pun begitu dengan peluang Hokky dengan sundulannya yang masih mengenai mistar gawang.

Sayang, pada menit 75, Hokky Caraka pencetak tiga gol Indonesia harus ditarik keluar karena nyeri di paha kanannya. Shin Tae yong sepertinya tak ingin berjudi memaksakan Hokky bermain, karena masih ada laga melawan tim kuat Vietnam di laga selanjutnya.

Ronaldo Kwateh yang diplot agak ke depan mendapat peluang untuk mencatatkan namanya di papan skor. Sayang, aksinya masih bisa digagalkan kiper Timor Leste.

Menit 89, Indonesia kembali menambah pundi-pundi golnya lewat aksi Rabbani Tasnim, striker yang masuk menggantikan Caraka. Mendapat umpan Robi Darwis, lewat sundulannya Rabbani Tasnim sukses menundukkan kiper Timor Leste. Skor menjadi 4-0.

Hingga peluit panjang ditiup wasit Jansen Foo dari Singapura, tak ada lagi gol tambahan. Dapat tiga poin, Indonesia berada di peringkat kedua. Sementara Timor Leste di peringkat ketiga. Di peringkat pertama ada Vietnam, yang pada laga melawan Hong Kong menang telak 5-1.

Di laga kedua, Timnas Indonesia akan menghadapi Hong Kong pada Jumat 16 September 2022. Sementara Vietnam akan menghadapi Timor Leste.

 


(TOM)

Berita Terkait