Jepang Lumat Prancis, Ini 8 Negara Lolos Perempat Final Olimpiade

Selebrasi penyerang Jepang Daizen Maeda usai mencetak gol ke gawang Prancis (Foto: AFP/Mariko Ishizuka) Selebrasi penyerang Jepang Daizen Maeda usai mencetak gol ke gawang Prancis (Foto: AFP/Mariko Ishizuka)

TOKYO: Babak penyisihan grup cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade 2020 telah usai digelar pada Rabu 28 Juli 2021. Sejumlah tim besar tersingkir, dua diantaranya Prancis dan Argetina.

Tim tuan rumah, Jepang menjadi satu-satunya tim yang meraih tiket perempat final dengan tampil sempurna di babak penyisihan grup.Jepang lolos ke babak perempat final dengan status juara Grup A.

Di laga terakhir, mereka sukses menghantam Prancis dengan skor 4-0. Hasil tersebut membuat Jepang finis di puncak klasemen dengan mengoleksi sembilan poin dan unggul tiga poin dari Meksiko yang finis sebagai runner-up.
 
Selain Jepang, tim yang lolos dengan performa meyakinkan adalah Brasil. Mereka sukses lolos sebagai juara Grup D tanpa menuai kekalahan. Pada laga pamungkas, Brasil sukses meraih kemenangan saat menghadapi Arab Saudi dengan skor 3-1.  

BACA: Rahmat Erwin Rebut Medali Ketiga Indonesia di Olimpiade

Kemenangan Brasil juga menjadi keberuntungan buat Pantai Gading yang hanya bermain imbang menghadapi Jerman dengan skor 1-1 pada laga terakhir.
Hasil imbang ini sudah cukup meloloskan Pantai Gading dengan status runner-up.
 
Sementara itu, tim yang lain berhasil lolos ke babak perempat final adalah Spanyol. Mereka menjadi satu-satunya tim Eropa yang lolos ke perempat final.
 
Kepastian meraih tiket perempat final didapat Spanyol usai bermain imbang saat menghadapi Argentina dengan skor 1-1 pada laga terakhir Grup C. Hasil itu pun membuat Spanyol finis di puncak klasemen dengan mengoleksi lima poin.
 
Kemudian, langkah Spanyol diikuti oleh Mesir. Mereka finis di posisi kedua klasemen Grup C dengan mengoleksi empat poin usai meraih kemenangan atas Australia dengan skor 3-0 pada laga terakhir.
 
Adapun dua tim lainnya di Grup B yang memastikan diri lolos adalah Korea Selatan dan Selandia Baru. Korsel finis sebagai juara Grup. Sedangkan Selandia Baru lolos dengan finis di posisi runner-up.
 
Sesuai jadwal, delapan tim tersebut akan kembali bertanding di perempat final pada Sabtu 31 Juli WIB.
 
Berikut 8 Tim Lolos Perempat Final Olimpiade 2020:
 
Juara Grup
Jepang (Grup A)
Korea Selatan (Grup B)
Spanyol (Grup C)
Brasil (Grup D)
 
Runner-up

Meksiko (Grup A)
Selandia Baru (Grup B)
Mesir (Grup C)
Pantai Gading (Grup D)

 

 


(TOM)

Berita Terkait