Dilakukan Rutin, 5 Cara Ini Bisa Mengecilkan Perut

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Cara mengecilkan perut mudah sebenarnya tidak terlalu sulit. Sebab, ada beberapa cara sederhana untuk mengecilkan perut yang bisa Anda lakukan setiap hari. Nah, agar bisa mengecilkan perut, hal yang terpenting adalah konsisten.

Seperti kita semua tahu, bahwa mempunyai tubuh yang ideal, termasuk memiliki perut ramping adalah dambaan banyak orang. Untuk mendapatkannya, perlu kerja keras dan konsistensi dalam menerapkan gaya hidup yang sehat. Bagi Anda yang menginginkan perut ramping, berikut cara-cara mengecilkan perut dengan mudah, seperti dirangkum dari situs Johns Hopkins Medicine, Sabtu 23 Oktober 2021.

1. Membatasi karbohidrat

Cara mengecilkan perut di urutan pertama adalah membantasi asupan karbohidrat. Ya, memang karbohidrat dibutuhkan pula oleh tubuh sebagai sumber energi. Namun, penelitian telah membuktikan bahwa membatasi asupan karbohidrat sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan secara lebih signifikan daripada membatasi asupan lemak. Jadi, jika Anda ingin mengecilkan perut, cobalah mulai mengurangi asupan karbohidrat Anda dan ganti dengan makanan-makanan sumber protein dan serat.

2. Pilih makan makanan yang sehat

Cara mengecilkan perut selanjutnya menurunkan berat badan termasuk di dalamnya, yang perlu dilakukan adalah menerapkan pola makan yang sehat. Alih-alih diet ekstrem, cobalah merencanakan pola makan Anda dengan lebih terencana dan baik. Misalnya, memperbanyak asupan makanan sehat seperti sayuran, kacang-kacangan dan daging. Lalu jangan lupa juga untuk membatasi makanan-makanan tinggi karbohidrat dan gula seperti bagel, roti manis, soda, dan lainnya.

Baca Juga : Terganggu dengan Cegukan, 6 Cara Ini Bisa Menghentikannya

3. Konsisten bergerak

Cara mengecilkan perut mudah dengan pola makan yang sehat tanpa pola hidup yang sehat tidak akan membawa Anda ke mana-mana. Begitu pun jika Anda sudah mengonsumsi makanan-makanan sehat namun tidak berpikir untuk berolahraga. Jadi, agar hasilnya terlihat dan maksimal, cobalah mulai konsisten bergerak setiap hari. Sebab, bergerak atau aktivitas fisik dapat membantu membakar lemak perut.

Nah, untuk jumlah latihan yang Anda butuhkan untuk menurunkan berat badan tergantung pada tujuan Anda. Bagi kebanyakan orang, ini bisa berarti 30 hingga 60 menit olahraga dengan intensitas sedang hingga berat hampir setiap hari.

4. Olahraga angkat beban

Nah, Anda bisa memasukkan latihan angkat beban sebagai rutinitas Anda. Mengapa? Karena latihan yang satu ini dapat membangun massa otot tanpa lemak, yang menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, baik itu saat istirahat maupun selama berolahraga.

5. Hindari junk food

Cara mengecilkan perut di urutan terakhir adalah menghindari makanan-makanan olahan atau junk food. Sebab, bahan-bahan dalam makanan-makanan kemasan dan makanan ringan seringkali mengandung lemak trans, tambahan gula, dan tambahan garam atau natrium. Nah, tiga hal itulah yang membuat sulit untuk menurunkan berat badan.

 


(ADI)

Berita Terkait