Pembuat Kartun Nabi Muhammad Tewas Ditabrak Truk

 Lars Vilks (ist) Lars Vilks (ist)

CLICKS: Pembuat kartun Nabi Muhammad, Lars Vilks dikabarkan tewas mengenaskan dalam perisitiwa kecelakaan di Markaryd, Kronoberg County,  Swedia Selatan, Minggu 3 Oktober 2021.  

Mobil yang ditumpangi pria berusia 75 tahun itu ditabrak truk. Di dalam mobil, Lars Vilks tidak sendirian namun ditemani dua polisi yang juga ikut tewas.

“Sama seperti kecelakaan di jalan lainnya. Tapi, karena dua polisi terlibat, penyelidikan ditugaskan ke bagian khusus pada kantor jaksa,” ungkap perwakilan dari Kepolisian Swedia.

Pihak kepolisian mengonfirmasi dua anggotanya tewas memang bertugas untuk melindungi Vilks. Sejak memicu kontroversi karena menggambar kartun Nabi Muhammad pada 2007, Vilks memang terus diawasi oleh kepolisian.


Kontroversi Sejak 2007

Vilks memicu kontroversi dengan membuat kartun Nabi Muhammad pada 2007 lalu. Hal ini membuatnya mendapatkan kecaman dari banyak umat muslim. Dia bahkan sampai mendapatkan ancaman pembunuhan.

Penyebabnya, banyaknya umat muslim yang marah kepadanya. Bahkan, kelompok Al Qaeda yang dikenal radikal sampai menawarkan uang 100 ribu Dollar AS bagi siapa saja yang mau membunuh Vilks.

Kartun ini bahkan sampai memicu ketegangan di tingkat antar negara. Saking parahnya, Perdana Menteri Swedia yang menjabat saat itu Fredrik Reinfeldt sampai menemui sejumlah duta besar dari negara-negara muslim demi meredakan ketegangan.

Sekitar enam tahun lalu, tepatnya pada 2015, Vilks bahkan sempat nyaris tewas akibat dibunuh. Saat itu, dia hadir di sebuah konferensi bertema kebebasan berbicara di Ibu Kota Denmark, Kopenhagen.

Terjadi serangan bersenjata yang brutal saat konferensi berlangsung hingga membuat seorang direktur film dari negara tuan rumah tewas. Saat itu, Vilks berhasil melarikan diri.

Sementara polisi tidak curiga kalau kasus kecelakaan yang menewaskan Vilks dan 2 polisi  ini karena kesengajaan atau terkait tindakan kriminal. Sopir truk yang terlibat selamat dan kini dirawat di rumah sakit.

 


(TOM)

Berita Terkait