Messi Ingin Terus Bermain untuk Timnas Argentina Sekalipun Sudah jadi Juara Dunia

Kapten Argentina Lionel Messi berpose dengan Trofi Piala Dunia FIFA setelah Argentina memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP/ANNE-CH Kapten Argentina Lionel Messi berpose dengan Trofi Piala Dunia FIFA setelah Argentina memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP/ANNE-CH

Clicks.id: Lengkap sudah pencapaian Lionel Messi sebagai pesepakbola usai mengantarkan Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar pada Minggu, 18 Desember 2022. Meski ambisinya sudah terwujud, Messi mengaku ingin terus bermain membela negaranya.

"Saya ingin terus mengalami lagi pertandingan (dalam status) sebagai juara dunia," kata pemain berusia 35 tahun itu kepada televisi Argentina usai menggulingkan Prancis dalam partai final Piala Dunia 2022.

Namun, Messi mengakui bahwa ia sempat ingin mengakhiri karirnya bersama Timnas Argentina setelah di beberapa edisi Piala Dunia sebelumnya. Ketidakmampuannya mempersembahkan trofi jadi beban.

"Tentu saja saya ingin mengakhiri karir saya dengan ini, saya tidak meminta lebih," kata Messi. "Karier saya hampir berakhir karena ini tahun-tahun terakhir saya."

Dan setelah mengalami begitu banyak kekecewaan di panggung terbesar sepak bola, termasuk kalah dalam final Piala Dunia 2014 melawan Jerman di Brazil, Messi mengaku selalu merasa waktunya akan tiba untuk ia menjadi juara dunia.

"Sungguh menakjubkan bisa berakhir seperti ini. Saya katakan sebelumnya bahwa Tuhan akan memberi saya ini dan saya tak tahu mengapa tetapi saya merasa kali ini bakal terwujud," ujar Messi.

Messi mengaku sulit menjelaskan laga final semalam, dimana Argentina dua kali disamakan Prancis setelah unggul lebih dulu. Argentina memimpin 2-0 pada babak pertama yang kemudian disamakan oleh dua gol Kylian Mbappe di babak kedua. 

Messi sempat membuat Argentina kembali unggul 3-2 di babak perpanjangan waktu, tapi lagi-lagi Mbappe berhasil mencetak gol yang membuat laga dilanjutkan dengan adu penalti. Argentina akhirnya keluar sebagai juara usai menang dengan skor 4-2 di babak adu penalti.

"Sungguh pertandingan yang sangat aneh, sama seperti satunya lagi saat melawan Belanda (perempat final), dan kemudian ketika kami unggul dalam perpanjangan waktu, hal itu terjadi lagi," kata Messi.

Messi pun memeluk keluarga dan rekan-rekan setimnya usai pertandingan. Ia tampak sangat bahagia usai menunaikan ambisinya menjadi juara dunia bersama Argentina. 

Sejak debutnya pada 2005, Messi sudah 172 kali bermain untuk Argentina dan mencetak 98 gol. Sebanyak 13 gol di antaranya ia cetak di ajang Piala Dunia.


(SUR)

Berita Terkait