Direktur TV Swasta Sebar Hoaks, Ini 4 Cara Mengenali Konten Sesat

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Konten hoaks masih bisa ditemukan di platform media sosial. Terbaru, Direktur TV Swasta di Bondowoso ditangkap karane dugaan penyebaran hoaks itu. Pengguna media sosial perlu selalu waspada dan tidak mudah percaya terhadap informasi yang beredar.

Supaya terhindar dari informasi sesat, Anda bisa membedakan konten hoaks itu. Berikut 4 cara untuk mengenali konten hoaks yang dikutip dari Kominfo.

1. Lihat tautan dan pastikan dari sumber resmi

Sumber tidak terpercaya atau beria hoaks biasanya memiliki kesalahan ejaan dan karakter yang tidak biasa. Untuk mengetahui organisasi media terpercaya dan terverifikasi, Anda dapat mencarinya dalam situs resmi Dewan Pers Nasional di https://dewanpers/or/id/data/perusahaanpers

2. Periksa dengan teliti

Apakah informasi berupa foto, video atau audio terlihat nyata dan tidak diedit.

Baca Juga : Ini Sosok Dirut TV Swasta Lokal yang Ditangkap Polisi di Bondowoso

3. Lihat apakah berita atau artikel juga diposting media lain

Ketika sebuah berita banyak diposting oleh media yang terverifikasi, kemungkinan besar itu adalah informasi yang benar.

4. Jangan mudah meneruskan atau membagikan

Selain itu ingatkan orang lain dengan baik dan sopan untuk berhenti membagikannya. Jika mengetahui ada konten hoaks laporkan melalui aduankonten.id atau laporkan pengguna yang mempostingnya melalui fitur report di media sosial dimana tempat hokas itu tersebar.

Dan jangan lupa tanyakan kepada diri sendiri, apakah informasi yang diterima ini sudah benar atau malah hoaks sebelum membagikannya ke orang lain.

 


(ADI)