Becak Nekat, Terobos Tol Surabaya-Gresik

Aksi pengayuh becak saat masuk pintu tol Surabaya-Gresik. (antara) Aksi pengayuh becak saat masuk pintu tol Surabaya-Gresik. (antara)

SURABAYA: Tol Surabaya-Gresik kembali bobol. Setelah diterebos pengendara motor, kini giliran becak yang nekat masuk jalur khusus kendaraan roda empat ini. 

Kejadian becak masuk tol ini sempat terekam video petugas dan viral di media sosial. Dalam video durasi 60 detik, menunjukkan seorang pria mengayuh becak membawa dua penumpangnya masuk ke tol. 

Humas PT Margabumi Matraraya (MBMR) Andjar Hari Sutoto. membenarkan, jika kejadian yang sempat viral itu terjadi di wilayah tol PT MBMR, yakni di jalur tol Surabaya-Gresik. 

Dalam kejadian itu, pengayuh becak masuk dari jalur terbuka di kawasan jalur tol Dupak, yakni Surabaya-Gresik pada Jumat, 14 Mei sekitar pukul 11.00 WIB.
 
Pengayuh becak itu berada di pintu gerbang exit tol Tandes Timur 1, tepatnya di KM 2+900. Saat itu, petugas tol langsung memberikan edukasi kepada tukang becak bila jalan tol bukan untuk kendaraan roda 3 atau 2.


"Sudah kami berikan sanksi, kami catat identitas KTP, lalu kami tegur dan kami edukasi agar tidak mengulangi lagi," kata  Andjar Hari Sutoto saat dikonfirmasi di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 15 Mei 2021.
 
Anjar mengaku, tidak ada sanksi khusus selain teguran dan pencatatan identitas. Karena bukan pelanggaran pidana. Namun jika ditemukan unsur pidana akan dilanjutkan ke pihak kepolisian. 

"Kami  ingin masyarakat untuk tak menirukan atau nekat memasuki tol dengan alasan apapun. Selain melanggar regulasi yang ada, pengendara roda 2 atau 3 juga justru membahayakan keselamatan dirinya sendiri," katanya.


(TOM)