Gubernur Jatim Serahkan Bantuan 26 ventilator ke 15 RS Rujukan

ubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan 26 ventilator kepada 15 rumah sakit rujukan di 2 kabupaten dan 3 kota di Jatim (Foto / Metro TV) ubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan 26 ventilator kepada 15 rumah sakit rujukan di 2 kabupaten dan 3 kota di Jatim (Foto / Metro TV)

SIDOARJO : Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan 26 ventilator kepada 15 rumah sakit rujukan di 2 kabupaten dan 3 kota di Jatim. Bantuan ventilator ini merupakan hibah dari USAID untuk mempercepat kesembuhan pasien covid-19 dan menekan tingkat kematian pasien.

"Bantuan ventilator dari USAID yang dihibahkan kepada Kementerian Kesehatan tersebut jumlahnya mencapai 120 unit ventilator.  Nah Jatim dapat bagian 20 unit," kata Khofifah Kamis 17 September 2020

Dia mengatakan sebenarnya ada 127 rumah sakit rujukan di Jatim. Sedangkan, 102 di antaranya telah mengajukan bantuan ventilator untuk merawat pasien covid-19. Namun hanya sebagian rumah sakit rujukan yang kebagian bantuan ventilator tersebut.

"Sebanyak 15 rumah sakit rujukan yang mendapatkan bantuan ventilator ini tersebar di 3 kabupaten dan dua kota. Yakni Kabupaten Sidoarjo, Pasuruan,Mojokerto serta Kota Mojokerto dan Pasuruan," terangnya. 

Perbedaan penyaluran jumlah ventilator kepada rumah sakit rujukan covid yang telah mengajukan bantuan ventilator ini didasarkan dari rasio penggunaan ventilator dengan ketersediaan ruang isolasi. 

"Selain itu juga penanggung jawab alat dan jumlah pasien covid yang kini tengah dirawat," pungkasnya. 
 


(ADI)

Berita Terkait