Pemkot Batu Punya Target Penerimaan PBB Rp 17 Miliar

Bapenda Kota Batu menggelar One Day Tax Payment di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani. Foto: Medcom Bapenda Kota Batu menggelar One Day Tax Payment di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani. Foto: Medcom

Batu: Pemerintah Kota (Pemkot) Batu telah mencatat realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Batu 2022 yang dinilai belum maksimal. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Batu berupaya untuk meningkatkan realisasi PBB di tahun ini.
 
“Realisasi PBB tahun lalu masih kurang maksimal, akan kami optimalkan tahun ini," kata Kepala Bapenda Kota Batu Dyah Lies Tina Purwaty, dikutip dari Medcom, Selasa, 4 April 2023.


Dyah menerangkan target penerimaan PBB di Kota Batu tahun ini sebesar Rp 17 miliar, sedangkan realisasi penerimaan PBB per Maret 2023 baru menyentuh Rp 1,6 miliar. Namun, ia tetap optimis bisa mencapai target.

"Kita optimistis bulan Juni mendatang penerimaan bisa sesuai dengan yang kita harapkan,” kata Dyah.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai juga mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk taat dalam membayar pajak. Ia menjelaskan bahwa pajak yang dibayarkan akan dirasakan manfaatnya oleh semua masyarakat.


“Kita ingin semua pegawai di Pemkot Batu menggalakkan kesadaran membayar pajak PBB. Ini adalah bagian meningkatkan potensi daerah kita, terutama pendapatan di sektor PBB. PBB yang dibayarkan akan kembali ke masyarakat untuk pembangunan, peningkatan kesehatan, kesejahteraan dan perekonomian masyarakat,” kata Aries.


(SUR)