Puluhan Pelajar Gresik Cabuti Paku yang Menempel di Pohon

Sejumlah siswa MTs Ma’arif Sidomukti Giri Gresik mencabuti paku yang menempel di pohon (Foto / Istimewa) Sejumlah siswa MTs Ma’arif Sidomukti Giri Gresik mencabuti paku yang menempel di pohon (Foto / Istimewa)

GRESIK : Puluhan pelajar asal MTs Ma’arif Sidomukti Giri Gresik mencabuti paku yang menempel di pohon. Kegiatan tersebut, dalam rangka memperingati Hari Pohon Seduni yang jatuh pada tanggal 21 November 2021. Para pelajar itu, menyebar sekaligus melakukan aksi bersih-bersih pohon di sepanjang Jalan Sunan Giri Gresik

Seperti diketahui, selama ini pohon-pohon yang tersebar di Gresik kerap dijumpai sangat kotor. Baik dikotori banner iklan, hingga paku-paku bekas yang menemlal. Karena kondisi itu, 20 siswa MTs Ma’arif Sidomukti melakukan aksi bersih-bersih. Para siswa itu menghampiri satu per satu pohon. Memeriksanya dengan teliti. Apabila ada paku tertancap di batang pohon, langsung dicabut dengan palu ataupun alat pengungkit barupa tang.

Baca Juga : Cegah Banjir Bandang, BPBD dan Komisi E DPRD Jatim Tanam 500 Pohon

Imam Fanani, selaku koordinator lapangan (korlap) menuturkan, kegiatan ini adalah peringatan Hari Pohon Sedunia 2021. Pihaknya sengaja menggandeng pelajar untuk menanamkan cinta alam dan semangat menjaga alam. “Betapa pentingnya pohon bagi mahluk hidup lainnya. Selain sebagai penyedia oksigen bagi kehidupan, fungsi lainnya untuk menjaga ekosistem agar menjadi lebih berkualitas di lingkungan sekitar,” ujarnya, Minggu 21 November 2021.

Ia menjelaskan aksi cabut-cabut di pohon juga dinisiasi oleh komunitas Earth Human (EH) Gresik diikuti sekitar 20 pelajar MTs Ma’arif Sidomukti. Harapannya, melalui kegiatan ini, sekaligus kampaye menjaga lingkungan. Menjaga pohon di sekitar manusia mengingat peranan pohon penting bagi kehidupan.


(ADI)