Longsor Pacitan Putus Akses Jalan, Lalu Lintas Lumpuh

Banjir lumpur disertai batu memutus akses desa (Foto / Metro TV) Banjir lumpur disertai batu memutus akses desa (Foto / Metro TV)

PACITAN : Longsor dan banjir batu di Pacitan Jawa Timur kembali terjadi. Material longsor berupa batu pasir dan lumpur menimbun jalan penghubung antardesa. Akibatnya, siswa dan guru yang akan berangkat sekolah kesulitan melintas, sebab jalur lalulintas putus total.

Detik-detik banjir batu ini terekam video amatir warga. Pada video itu terlihat batu dan pasir hanyut bersama air banjir di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari. Beruntung, tidak ada korban dalam peristiwa ini.

Material batu dan lumpur setebal satu meter menimbun seluruh akses jalan penghubung DesaKaranggede dan Karangrejo, sehingga tidak bisa dilalui. Beberapa warga terpaksa jalan kaki menembus lumpur. Bahkan, anak-anak yang hendak berangkat sekolah juga terpaksa digendong orang tuanya.

"Ini tadi mau ngajar. Nggak bisa lewat, sebab jalan tertutup longsor. Sementara tidak ada jalur alternatif lain," kata salah seorang guru Mariyatul Asifa, Rabu 1 November 2021

Baca Juga : Satgas Covid-19 Gadungan Curi Emas 28 Gram Milik Lansia di Magetan

Banjir batu dan lumpur terjadi pada Selasa 30 November 2021 sore. Banjir batu ini terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Akibatnya, lereng Gunung Karangan yang sudah gundul longsor dan menimbun jalan desa.

Longsor batu ini sudah yang keempat kalinya terjadi di desa setempat. Setiap hujan deras material batu dan lumpur longsor ke bawah. Kondisi ini terjadi karena lereng bukit yang gundul.

 


(ADI)

Berita Terkait