Libur Lebaran, Jadwal Penerbangan Jakarta-Malang Ditambah

Ilustrasi Ilustrasi

MALANG: Jadwal penerbangan di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur, ditambah di masa mudik Lebaran 2022. Penambahan jadwal penerbangan untuk maskapai Citilink.

Kasi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat UPT Bandara Abdul Rahman Saleh, Purwo Cahyo Widhiatmoko, mengatakan, maskapai Citilink menambah jadwal penerbangan di tanggal-tanggal tertentu.

"Kemarin, kami sudah mendapatkan surat dari Citilink, tentang permohonan extra flight menjelang angkutan Lebaran ini dan sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Perhubungan. Tapi tidak setiap hari," katanya, Senin 25 April 2022.

Cahyo menerangkan, maskapai Citilink menambah jadwal penerbangan satu kali dalam sehari untuk tujuan Malang-Jakarta dan sebaliknya. Penambahan jadwal penerbangan ini mulai 24 April hingga 10 Mei 2022.

"Jadi total empat reguler dan tambah satu kali. Jadi total lima. Itu rencana penerbangan untuk antisipasi angkutan Lebaran," ujarnya.

Cahyo mengaku, Bandara Abdul Rachman Saleh memiliki empat jadwal penerbangan reguler untuk tujuan Malang-Jakarta dan sebaliknya. Yakni maskapai Garuda Indonesia satu kali, Citilink satu kali, dan Batik Air dua kali dalam sehari.

BACA: Bandara Juanda Siapkan 518 Extra Flight untuk Angkut Pemudik

"Untuk reguler penerbangan terjadwal itu satu hari empat kali, rutenya semua Malang-Cengkareng tidak ada yang lain. Garuda Indonesia ini masih hari Rabu dan Sabtu saja. Berarti tidak setiap hari regulernya. Tapi, nanti diperkirakan akan bisa menjadi setiap hari, tergantung dari demand penumpang," jelasnya.

Di sisi lain, Cahyo mengaku, pihaknya melihat adanya tren kenaikan penumpang setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara resmi menghapus syarat antigen dan PCR bagi penumpang dalam negeri yang sudah mendapatkan vaksin lengkap atau booster.

"Saya melihat trennya, bahwa semenjak awal puasa sampai saat ini, ada sekitar ada peningkatan kurang lebih 20 persen dibanding sebelumnya pada saat semua masih harus tes covid-19," terangnya.

 


(TOM)