Meta Hadirkan Fitur Baru di Instagram dan Facebook, Mudahkan Kreator Ekspresikan Ide Kreatif

Fitur membagikan video Reels ke Instagram. (ANTARA/HO-Meta Indonesia) Fitur membagikan video Reels ke Instagram. (ANTARA/HO-Meta Indonesia)

Meta mengumumkan serangkaian fitur baru untuk video Reels pada Instagram dan Facebook. Pembaruan tersebut dilakukan untuk memudahkan kreator mengekspresikan ide kreatif.

"Meta juga terus membantu para kreator untuk lebih mudah mengekspresikan berbagai ide kreatif dan segar melalui berbagai fitur terbaru yang disediakan di berbagai lini platform Meta," kata Direktur Kemitraan Kreator Meta di Indonesia Revie Sylviana, dikutip dari Antara, Rabu, 2 November 2022. 

Fitur terbaru yang disematkan di Reels berupa kemampuan membagikan video ke Instagram dari aplikasi lain, seperti Videoleap, VivaVideo dan Smule. Pengguna juga bisa membagikan video ke Reels Facebook dari aplikasi lain.

Di Facebook, Meta memperbarui Reels supaya konten bisa dilihat lebih banyak audiens sehingga kreator bisa berinteraksi dengan penggemar mereka.

Meta juga menyediakan fitur kolaborasi antar konten creator melalui Facebook Reels Collabs. Kolaborasi itu bisa memperluas jangkauan konten dan menambah jumlah pengikut (follower).

Selain itu, terdapat juga fitur Facebook Reels Explore yang dapat menampilkan konten yang sedang populer (trending). Fitur tersebut dapat dimanfaatkan untuk melihat topik yang sedang populer dan cara untuk menggaet audiens baru.

Reels di Facebook juga dilengkapi dengan fitur Reactions, cara baru dari penggemar untuk berinteraksi dengan konten dan kreator.

Terdapat juga fitur Branded Content di Facebook Reels yang memungkinkan para kreator untuk menghasilkan pendapatan. Kreator mendapatkan akses fitur Branded Content untuk konten organik, kemudian, merk yang ditandai (tag) bisa mengubah Reels itu menjadi iklan di Branded Content.

Baca Juga: Siap-Siap! Instagram Bakal Luncurkan Sejumlah Fitur Baru, Bisa Blokir dan Sembunyikan Kata yang Tidak Ingin Dilihat


(UWA)

Berita Terkait