Ridwan Kamil Temui Khofifah di Grahadi

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat berkunjung ke Surabaya menemui Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Medcom.id/Amal) Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat berkunjung ke Surabaya menemui Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Medcom.id/Amal)

SURABAYA: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kali ini pertemuan digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu 29 Mei 2021.  

Kedatangan Ridwan Kamil ke Surabaya merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Khofifah datang ke Bandung, Jawa Barat. Selain itu juga  juga melakukan survei sebelum mendesain gedung Islamic Center Surabaya.

"Untuk mendesain sesuatu itu tidak bisa berimajinasi, tanpa mengetahui langsung lokasi yang akan didesain. Makanya saya harus tahu, jadi anggaplah untuk melakukan survei," kata Ridwan Kamil kepada wartawan.

Sayangnya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu tidak menjelaskan detail konsep desain yang akan dibuat. Ia mengaku harus melihat langsung luas lahan dan kondisi gedung Islamic Center.

BACA: Minta Maaf! Gubernur Khofifah Beber 10 Fakta Video Viral Pesta Ulang Tahun

"Kita juga harus tahu apakah lahanya luas atau sempit, lalu kondisi bangunan yang sekarang seperti apa. Jadi saya harus survei langsung ke lokasi untuk mendesain nantinya," jelasnya.

Selain untuk melakukan survei gedung Islamic Center, Kang Emil mengaku kedatangannya ke Jatim merupakan kunjungan balasan Khofifah ke Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Senin, 19 April 2021 lalu.

"Kunjungan ini semata-mata sopan santun saya, membalas kunjungan Bu Khofifah di Jawa Barat beberapa waktu lalu, plus agenda-agenda produktif yang kita sinkronkan," ujarnya.

Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku meminta khusus kepada Ridwan Kamil untuk mendesain Islamic Center di Surabaya.

Menurut Khofifah, pengembangan Islamic Center harus dilakukan seiring dengan pemenuhan kebutuhan daerah sekitar yang relatif kurang representatif.

"Untuk itu kami minta kepada Pak Gubernur Jabar membantu desain sekaligus merekontruksi gedung sekaligus masjid di Islamic Center Surabaya menjadi masjid yang megah dan indah," katanya.

Ia mengatakan, banyak hasil desain masjid dari Ridwan Kamil yang memiliki arsitektur indah. Seperti yang pernah disaksikan adalah keindahan arsitektur dari Masjid Agung di Padang dan masjid di dekat Pantai Makasar yang sangat indah.

"Saya yakin jika nantinya masjid hasil arsitek dari Kang Emil (sapaan akrab dari Gubernur Jabar) ini rampung akan memberi daya tarik di sekitar kawasan Islamic Center Surabaya. Semoga nanti pada saat Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) bisa segera dimulai pembangunannya," kata Khofifah.

 


(TOM)

Berita Terkait