5 Daerah Penghasil Ikan Tongkol Terbesar di Jawa Timur, Ini Daftarnya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Daerah penghasil ikan tongkol terbesar di Jawa Timur bisa dijumpai hampir wilayah pesisir selatan. Dari beberapa wilayah itu, ada lima daerah yang hasil ikan tongkolnya melimpah.

Ikan tongkol termasuk salah satu jenis ikan yang paling dicari karena kandungan proteinnya yang tinggi. Itu sebabnya bisnis ikan tongkol berkembang pesat di Indonesia. Tercatat, pada tahun 2019, ikan tongkol menjadi jenis ikan dengan nilai transaksi paling tinggi nasional.

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai produksi perusahaan penangkapan ikan mencapai Rp 2,77 triliun dengan volume produksi 187.272 ton pada tahun 2020 di Indonesia. Berikut daerah penghasil ikan Tongkol terbesar di Jatim :

1. Trenggalek

Pada tahun 2020, Kabupaten Trenggalek mencatat rekor sebagai penghasil ikan tongkol tertinggi dengan angka sebanyak 8.399 ton. Sedangkan tahun sebelumnya Trenggalek hanya mampu memproduksi sebanyak 7.040 ton.

baca juga : Efek Era Digital, 50 persen Penduduk Dunia akan Gunakan Kacamata

2. Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi dengan predikat daerah terluas di Jawa berhasil memproduksi ikan tongkol sebanyak 7.877 ton per tahun 2020. Namun produksi ini mengalami penurunan, pada tahun sebelumnya bahkan bisa mencapai 11.430 ton.

3. Probolinggo

Kabupaten Probolinggo masuk ke dalam daftar daerah penghasil ikan tongkol terbesar di Jawa Timur. Tahun 2020 jumlah produksi ikan tongkol mencapai 10.933 ton. Paling tinggi di antara kawasan pesisir Jatim lainnya.  

Jumlah tersebut paling tinggi dibanding kabupaten-kabupaten lain penghasil tongkol. Bahkan pada tahun 2019, Probolinggo hanya bisa menghasilkan tongkol sebanyak 142 ton saja.  

4. Sumenep

Daerah penghasil ikan tongkol terbesar di Jatim berikutnya yakni Kabupaten Sumenep. Wilayah ujung timur Madura ini menjadi salah satu daerah penghasil ikan tongkol yang cukup potensual.  Produksi tongkol di Sumeneo ini mencapai 4.349 ton per tahun 2020. Produksi pada Kabupaten Sumenep bisa dibilang mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 4.241 ton.

5. Pacitan

Kabupaten Pacitan dapat memproduksi ikan tongkol dalam jumlah produksi yang besar lebih dari 4.000 ton. Tahun 2018 di Kecamatan Ngadirojo, Pacitan setiap perahu rata-rata menghasilkan 50-70 kilogram sekali melaut. Sedangkan jumlah produksi ikan tongkol pada tahun 2020 mencapai 4.064 ton. 


(ADI)

Berita Terkait