Google Kenang Ismail Marzuki di Hari Pahlawan lewat Doodle

Google Doodle hari ini menampilkan sosok pahlawan nasional, Ismail Marzuki (Foto / Google) Google Doodle hari ini menampilkan sosok pahlawan nasional, Ismail Marzuki (Foto / Google)

SURABAYA : Google memperingati Hari Pahlawan 2021 dengan mengenang Ismail Marzuki lewat Doodle. Sosok Ismail Marzuki tampil di halaman utama pencarian google hari ini. Ilustrasi gambar tersebut merupakan hasil karya dari artis tamu yang berbasis di Indonesia, Ykha Amelz. Dalam tampilan Doodle, terlihat Ismail memakai kemeja putih, berdasi biru dan memainkan biola.

Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Jakarta Pusat, Indonesia pada 11 Mei 1914, ketika wilayah itu berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda. Meskipun profesi musik belum umum di Indonesia, Marzuki tumbuh berlatih hingga lima jam sehari untuk menguasai delapan instrumen yakni harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon, dan piano. Pada usia 17, ia menggubah lagu pertama dari ratusan lagu yang akan ia hasilkan sepanjang kariernya.

Nama Ismail Marzuki sendiri diabadikan sebagai pusat seni di Jakarta, yaitu Taman Ismail Marzuki (TIM) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Taman tersebut diresmikan pada 10 November 1968 dan berfungsi sebagai pusat pelestarian warisan budaya Indonesia dan inovasi kreatif dalam seni rupa, musik, teater, tari, dan film.

Baca Juga : Jokowi Anugerahi Empat Tokoh Gelar Pahlawan Nasional dan Beri Bintang Jasa kepada 300 Nakes

Lagu-lagu Marzuki menangkap perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan nada melankolis sekaligus mewakili ketangguhan bangsa melalui melodi yang melambung. Dia mengisi hati orang Indonesia dengan kebanggaan selama bertahun-tahun dengan menyiarkan lagu-lagunya (sembilan di antaranya menjadi lagu kebangsaan) di radio publik. Pada tahun 1955, Marzuki mengambil alih sebagai pemimpin Orkestra Studio Jakarta yang bergengsi dan menggubah lagu Pemilihan Umum, tema musik pemilihan umum pertama di Indonesia.

Untuk menghormati kontribusi budayanya, pemerintah Indonesia menobatkan Marzuki sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2004. Hari ini, pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang Marzuki di TIM, yang memamerkan koleksi pribadinya termasuk lagu-lagu tulisan tangan dan beberapa dari banyak instrumennya. "Ini untukmu Ismail Marzuki—terima kasih telah menulis soundtrack untuk kemerdekaan Indonesia!" tulis Google dikutip dari laman resminya.

 


(ADI)

Berita Terkait