Geger, Kandang Berisi Puluhan Penyu Raksasa Ditemukan di Hutan Bakau Sumenep

Puluhan penyu ditemukan dalam kandang yang tersembunyi di dalam hutan bakau. (metrotv) Puluhan penyu ditemukan dalam kandang yang tersembunyi di dalam hutan bakau. (metrotv)

SUMENEP: Warga digegerkan dengan penemuan kandang berisi puluhan ekor penyu di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Diduga, penyu- penyu ini akan diperjualbelikan secara ilegel ke sejumlah daerah, termasuk Bali.

Sekitar 40 ekor penyu jenis penyu hijau berukuran besar ini berada di dua kandang. Pertaman, kandang  berukuran 3 x 4 meter dan satu lagi berukuran 3 x 5 meter.

Lokasi kandang penyu ini memang sulit untuk ditemukan karena berada di tempat terpencil. Tepatnya di antara hutan bakau Pulau Karamian, Kecamatan Masalembu Kabupaten Sumenep.

Penemuan ini berawal saat ada warga yang sedang mencari ikan. Tak sengaja menemukan keanehan di antara hutan bakau. Benar saja, saat masuk didapatnya kandang penampungan penyu yang diduga ilegal. Kemudian melaporkannya ke pihak berwajib.

"Meski kami tidak punya kewenangan, namun tetap sudak kita laporkan temuan ini ke pihak berwajib termasuk BKSDA, "  ujar PLT Kepala Dinas Perikanan Sumenep, Mohammad Jakfar.   

Selain itu,  Dinas Perikanan juga menghubungi PSDKP Tanjung Benoa Bali. Sebab, pada umumnya penjulan penyu ilegal menuju ke bali yang dipergunakan sebagai upacara adat.

Saat ini dinas terkait sedang menuju lokasi penemuan tersebut. Jaraknya sangat jauh dan terpencil dari Pusat Kota Sumenep. Butuh waktu sekitar 15 jam perjalanan laut.

 


(TOM)