Hari Ayah Nasional, Netizen Ungkapkan Rasa Haru dan Terima Kasih di Media Sosial

Ide ucapan selamat hari ayah nasional. (Ilustrasi Unsplash) Ide ucapan selamat hari ayah nasional. (Ilustrasi Unsplash)

Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Peringatan ini merupakan bentuk kepada penghormatan kepada ayah. 

Ayah merupakan tulang punggung keluarga, pemberi nafkah, dan sosok pahlawan bahkan cinta pertama bagi anak-anaknya. Dikutip dari Medcom.id, Sabtu, 12 November 2022, bertepatan dengan Hari Ayah Nasional, sejumlah warganet mengucapkan rasa terima kasih dan doa kepada para ayah.

“Selamat hari ayah, pak.  Terimakasih untuk semuanya, aku menyayangimu,” cuit @kot***.

“Selamat hari Ayah untuk Ayah Ayahku yang luar biasa, we love you,” cuit @vale***.

“Selamat hari ayah. Ayahku terhebat sedunia, ayah terimakasih banyak untuk semua yang ayah perjuangkan.semoga ayah panjang umur dan temenin aku terus ya ayah,i love u,” tulis @teh***.

“Selamat hari ayah, untuk ayah terhebatku Walaupun tidak bisa mengucapkannya secara langsung. Aku hanya ingin mengucapkan terima kasih untuk segalanya dan maaf atas keegoisanku membuat hatimu terluka Lavyu ayah, Pahlawanku dan cinta pertamaku,” cuit akun @adin***.

“Selamat Hari Ayah Nasional 2022. Alfatihah buat almarhum bapak,” cuit akun @bg***.

Sejarah Hari Ayah Nasional

Hari besar yang ditetapkan sejak 2016 itu lahir dari peringatan Hari Ibu. Ini bermula saat paguyuban satu hati, lintas agama, dan budaya bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) merayakan Hari Ibu pada 22 Desember 2014. Salah satu acara menggelar sayembara menulis surat untuk ibu.

Antusiasme masyarakat cukup tinggi dan 70 surat untuk ibu terbaik dibukukan. Peserta yang terdiri atas anak usia SD, SMP, SMA, mahasiswa, dan masyarakat umum membacakan surat saat mengunjungi ibu-ibu di panti jompo.

“Usai acara, panitia penyelenggara dibuat terkejut dengan pertanyaan para peserta, ”Kapan diadakan sayembara menulis surat untuk ayah? Kapan peringatan hari ayah? Kami pasti ikut lagi,” kata peserta dikutip Medcom.id dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis, 11 November 2022.

Pada 12 November 2016 secara resmi PPIP mendeklarasikan 12 November sebagai Hari Ayah Nasional. PPIP menilai sosok ayah perlu mendapat penghargaan seperti ibu. Apalagi posisi ayah sejajar dengan ibu berperan sebagai sebagai kepala rumah tangga.

Baca Juga: Peringati Hari Ayah Nasional, Berikut 30 Ide Ucapan Selamat yang Cocok Jadi 'Caption' IG, WA, dan Twitter


(UWA)