Prancis Gulung Polandia, Giroud Pecah Rekor

Selebrasi pemain Prancis/ist Selebrasi pemain Prancis/ist

DOHA: Juara bertahan Prancis melangkah ke perempatfinal Piala Dunia 2022 setelah menang atas Polandia 3-1 di Stadion Al Thumama, Doha, Minggu malam, 4 Desember 2022.

Dua gol Prancis dicetak Kylian Mbappe di babak kedua serta Olivier Giroud di babak pertama. Sementara gol hiburan Polandia dicetak Robert Lewandowski diakhir babak kedua.

Polandia yang diperkuat pemain terbaik dunia Robert Lewandowski gagal memanfaatkan sejumlah peluang mereka di babak pertama menjadi gol ke gawang Prancis, akibat penampilan gemilang kiper Hugo Lloris di bawah mistar.

Sebaliknya, Les Bleus mampu mencetak gol dari peluang yang mereka dapat. Pada menit ke-44, Giroud meneruskan sodoran bola dari Kylian Mbappe di bawah kawalan ketat Kiwior untuk memasukkannya ke gawang Polandia pada menit ke-44.

Gol Giroud ke gawang Polandia itu menjadikan striker yang bermain di klub Italia AC Milan itu menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Prancis dengan 52 gol.

BACA: Argentina Tantang Belanda di Perempatfinal

Striker berusia 36 tahun itu sudah menyamai rekor 51 gol Thierry Henry saat turut menyarangkan gol ke gawang Australia saat Les Bleus menang 4-1 dalam laga pembuka Grup D beberapa hari lalu.

Kini, Giroud memecahkan rekor tersebut dalam penampilan ke-117 bersama Prancis. Padahal, Henry membuat 51 gol dari 123 cap antara 1997 dan 2010.

Di babak kedua, tepatnya pada menit 74, Mbappe memperbesar keunggulan lewat tendangan keras yang menghunjam pojok atas kanan gawang Polandia yang dijaga Wojciech Szczesny. Mbappe kembali mencetak gol memasuki injury time lewat tendangan kerasnya yang tak mampu diblok Szczesny. Itu merupakan gol kelima pemain Paris St Germain itu di ajang Piala Dunia 2022 yang menjadikannya top skorer sementara turnamen.

Polandia mendapat gol hiburan lewat eksekusi penalti Lewandowski di menit akhir injury time. Skor 3-1 bertahan hingga peluit panjang membuat Les Bleus melenggang ke babak delapan besar.


(TOM)