Hebat, Anak Petani di Ponorogo Dapat Beasiswa di 3 Kampus Luar Negeri

Sosok Muhammad Wildan yang mendapatkan beasiswa di 3 kampus ternama di luar negeri (Foto / Metro TV) Sosok Muhammad Wildan yang mendapatkan beasiswa di 3 kampus ternama di luar negeri (Foto / Metro TV)

PONOROGO : Pelajar SMA di Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) mendapat beasiswa di tiga kampus luar negeri ternama. Pelajar bernama Muhammad Wildan ini tak menyangka, apalagi dia hanya seorang anak petani biasa. Tiga kampus ternama yang memberikan program beasiswa tersebut yakni Nanyang Technologycal University Singapura, University of British Columbia dan University of Toronto Canada.

Kesempatan ini berawal saat dia mengikuti kompetisi sains tingkat nasional, Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, November tahun lalu. Dari sekitar 3.000 siswa yang mengikuti lomba, dia menjadi juara satu pada bidang kebumian. Atas juara tersebut, dia mendapat medali emas, uang pembinaan dan beasiswa kuliah di luar negeri. Saat itu dia mendaftar di tiga kampus internasional tersebut dan ternyata semuanya diterima.

Anak petani warga Desa Mlarak, Kecamatan Mlarak Ponorogo ini tidak pernah menyangka akan diterima di kampus luar negeri. Sebab soal ujian masuk sangat sulit. Tetapi ternyata dia lolos seleksi dan diterima.

"Ada tiga kampus yang mengundang saya. Tetapi, saya memilih Nanyang Technologycal University Singapura. Sebab, secara ranking, lebih bagus dari dua kampus lainnya," katanya, Jumat 10 Juni 2022.

Baca juga : Duh!, Puskesmas di Jombang Diduga Beri Obat Kedaluwarsa untuk Balita

Atas prestasi ini, SMA Negeri 1 Ponorogo, tempat Wildan sekolah, memberi penghargaan. Dia dibebaskan biaya partsipasi dan pendampingan pemberlajaran dan kelengkapan administrasi ke luar negeri.

"Anaknya memang pintar dan cerdas. Kami mewakili sekolah sangat bangga atas prestasi ini. Mudah-mudahan dia bisa sukses dan menjadi teladan lainnya," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Supiyan.

Kini, Wildan tengah menyiapkan keberangkatan ke Singapura pertengahan Juli mendatang.


(ADI)

Berita Terkait