Banjir Rob Terjang Wilayah Pelabuhan Tanjung Perak

Pengendara motor terjebak banjir rob di Jalan Kalimas, Surabaya/metrotv Pengendara motor terjebak banjir rob di Jalan Kalimas, Surabaya/metrotv

SURABAYA: Banjir rob menerjang beberapa titik di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu siang, 18 Mei 2022.  Bahkan, di Jalan Kalimas Baru ketinggian air akibat  akibat air laut pasang ini mencapai 30 centimeter.

Sejumlah kendaraan baik itu motor hingga truk muat kontainer terlihat melaju pelan-pelan saat melintas di Jalan Kalimas. Tidak sedikit, pengendara motor yang nekat melintasi banjir rob itu harus mendorong motornya karena mogok.

Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya Arrizal Rahman Fatoni mengatakan  banjir rob pada Mei ini terjadi pada siang hari dengan rata-rata ketinggian 150 centimeter dari permukaan air laut dan menimbulkan genangan air di daratan dengan ketinggian air mencapai 30 sentimeter.

BACA: BPBD Siapkan Mitigasi Bencana di Wilayah Rawan Kekeringan Trenggalek

"Banjir rob ini terjadi mulai tanggal 15 Mei 2022 dan diperkirakan hingga 20 Mei 2022 dan akan berangsur-angsur surut, " ujarnya.

Selain di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Banjir Rob ini akan terjadi di pesisir utara dan timur Surabaya serta pesisir utara dan selatan Jawa Timur dengan ketinggian rata-rata 120 sampai 140 centimeter dari permukaan air laut.


(TOM)

Berita Terkait