Pelajar SMA di Kediri Ditangkap karena Bobol ATM

Polres Kediri Kota saat rilis kasus pembobolan mesin ATM di Kediri, jawa Timur. ANTARA/ Asmaul. Polres Kediri Kota saat rilis kasus pembobolan mesin ATM di Kediri, jawa Timur. ANTARA/ Asmaul.

Kediri: JSM, seorang pelajar SMA, ditangkap Petugas Polres Kediri Kota karena membobol mesin ATM Bank Jatim di Kecamatan Pesantren. Kasat Reskrim Polres Kediri Kota AKP Nova Indra Pratama menjelaskan bahwa JSM ditangkap di rumahnya, Kelurahan Banaran, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

“Pelaku melakukan tindak pidana percobaan pencurian dengan pemberatan. Pelaku mencongkel pintu brankas dan merusak dan menari keluar,” ucap Nova dikutip dari Antara pada Kamis, 22 Februari 2024.

JSM melakukan aksinya pada 12 Februari 2024 sekitar pukul 03.00 WIB. Ia mencongkel CCTV di dalam ruangan dulu lalu merusak layar monitor mesin ATM. CCTV dibuang ke TPA Bangsal.

Polisi terus mencoba menyalin gambar yang diambil dari CCTV lokasi ATM tersebut. Hingga menemukan gambar tersangka dan langsung ditindaklanjuti. Selain itu, terdapat keterangan saksi yang mengarah ke tersangka sehingga polisi bisa menemukan identitas tersangka.

Menurut keterangan pelaku ia baru pertama kali menjalankan aksi pembobolan mesin ATM, tetapi gagal. Ia mengaku melakukan aksi tersebut untuk kepentingan pribadinya.

Dengan demikian, JSM dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan hukuman pidana penjara paling lama sembilan tahun penjara.


(SUR)

Berita Terkait