Kursi Kosong, 39 Jemaah Haji dari Tulungagung Berangkat Lebih Awal

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo  melepas rombongan jemaah haji/metrotv Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo melepas rombongan jemaah haji/metrotv

TULUNGAGUNG: Sebanyak 93 calon jemaah haji (CJH) asal Tulungagung, Jawa Timur diberangkatkan sehari lebih awal dari waktu yang telah jadwalkan, yakni 6 juni 2023.

Puluhan calon jemaah haji dilepas langsung oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo  menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya  dari Pendopo Kabupaten pada Senin sore, 5 Juni 2023.

Perubahan jadwal pemberangkatan 93 calon jemaah haji Tulungagung ini bertujuan untuk mengisi kursi kosong di kloter 34. Nantinya para calon jemaah haji ini akan terbang ke Arab Saudi bergabung dengan calon jemaah haji asal Kabupaten Nganjuk dan Probolinggo.

Sementara, sekitar seribu lebih calon jemaah haji yang lain akan berangkat sesuai jadwal yakni, pada Selasa malam ini, 6 Juni 2023.

BACA: 2 Calon Haji Asal Jatim Meninggal di Madinah, Total Jadi 6 Orang

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Pemkab tulungagung memberikan subsidi berupa angkutan untuk para calon jemaah haji.  

"Pemkab tulungagung menyediakan 28 armada bus gratis  untuk transportasi para calon jemaah haji saat berangkat ke Surabaya dan penjemputan jemaah haji setelah pulang nanti, " ujar Bupati Maryoto.  

Kepala kantor Kemenag Tulungagung, Mohamad Nasim mengatakan, sesuai data Kantor Kementrian Agama Tulungagung, jumlah calon jemaah haji yang berangkat ke tanah suci tahun 2023 sebanyak 1.170 orang.

"Sebanyak  95 orang diantaranya merupakan lansia atau berusia di atas 80 tahun. Sementara 3 orang calon jemaah haji gagal berangkat tahun ini karena faktor kesehatan, " ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait