Ibu Muda di Mojokerto Melahirkan dalam Mobil

Ibu muda di Mojokerto lahiran dalam mobil (Foto / Metro TV) Ibu muda di Mojokerto lahiran dalam mobil (Foto / Metro TV)

MOJOKERTO : Seorang ibu muda di Mojokerto melahirkan di dalam mobil. Beruntung prosesi persalinan darurat warga asal Kauman, Kota Mojokerto ini berjalan lancar, ibu dan bayi selamat dan sehat. Video persalinan darurat di dalam mobil ini terekam video amatir warga.

Pada video itu sang ibu mengerang kesakitan di bangku belakang. Sementara seorang petugas medis terlihat memberi pertolongan. Beberapa saat kemudian, terdengar suara tangis bayi yang cukup keras.
"Alhamdulillah lahir," katanya.

Informasi yang dihimpun, peristiwa ibu melahirkan di dalam mobil ini terjadi pada Kamis malam 14 Oktober 2021. Saat itu sang ibu mengaku tak merasakan saat akan melahirkan, meski usai kandungan sembilan bulan. Namun, saat akan diangkat ke mobil, bayi sudah keluar hingga warga sekitar meminta pertolongan ke petugas PMI dan petugas medis RS Hasanah.

Tidak sampai setengah jam sang ibu bernama Farah Octaviany (21) berhasil melahirkan anak perempuan. Bayi tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Hasanah, Kota Mojokerto untuk perawatan lebih lanjut.

Baca Juga : Wanita di Surabaya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah, Sempat Telpon Dipukuli

Humas PMI Kota Mojokerto Ahmad Dimas Hariyadi menceritakan, malam itu ada dua orang datang ke Kantor PMI untuk meminta bantuan ambulans, merujuk seorang ibu yang akan melahirkan. Namun, dari informasi dua orang tersebut sudah mendesak dan bayi akan lahir.

Saat itu petugas PMI yang berjaga langsung menuju TKP dan meminta bantuan pertolongan petugas medis. Akhirnya dua petugas medis RS Hasanah datang ke lokasi dan memberikan bantuan pertolongan kelahiran. Petugas medis terpaksa melakukan proses lahiran di mobil karena kondisi mendesak dan rawan jika dibawa dengan ambulans.

"Pas kami TKP kondisi bayi sudah hampir keluar, sehingga terlalu berisiko jika dibawa ke rumah sakit. Maka terpaksa dilakukan persalinan di dalam mobil," katanya.

Dimas mengatakan, saat ini sang ibu dan putrinya masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasanah Kota Mojokerto. Sementara itu sang ibu mengaku bersyukur bisa melahirkan dengan selamat. Dia mengaku tak merasakan apa-apa saat hendak melahirkan.

"Hanya tersa sakit di pinggang dan sudah tak kuat lagi, sehingga memanggil ibu dan ayah terus dibawa naik mobil. Tak terasa pecah ketuban," katanya.

Humas Rumah Sakit Hasanah Kota Mojokerto Abiono mengatakan, secara umum kondisi keduanya baik ibu dan anak sehat pascamelahirkan. Bayi tersebut lahir dengan berat 2 kilogram dan panjang 50 centimeter. Jika kondisi terus membaik, akan segera dipulangkan

 


(ADI)