Mengintip Kegiatan di Posyandu ODGJ di Blitar

Para penderita ODGJ tengah melakukan senam  terapi di Posyandu Jiwa Puskesmas Talun (Foto / Metro TV) Para penderita ODGJ tengah melakukan senam terapi di Posyandu Jiwa Puskesmas Talun (Foto / Metro TV)

BLITAR : Puskesmas Talun, Kabupaten Blitar memiliki layanan yang unik. Mereka mendirikan posyandu khusus orang dalam gangguan jiwa (ODJG). Penderita ODGJ diperiksa kesehatannya hingga diberikan senam terapi untuk memulihkan kejiwaan mereka.

Posyandu ODGJ yang bertempat di balai Desa Pasirharjo Kecamatan Talun, Blitar ini tak pernah sepi. Setiap sebulan sekali, ratusan ODGJ ini datang ke Posyandu untuk memperoleh pemeriksaan kesehatan.  

Karena masih dalam masa pandemi, setiap penderita ODGJ yang datang harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai cuci tangan, dicek suhu tubuhnya.

Setelah didaftar, penderita ODGJ ditimbang berat badannya dan diperiksa kesehatan. Petugas medis memberikan obat untuk dikonsumsi saat di rumah.

Usai diberikan pengarahan, penderita ODGJ menjalani terapi. Caranya, mereka disuruh senam bersama yang dipandu oleh salah-satu instruktur untuk memulihkan kejiwaan mereka.

Pemegang Program Kesehatan Jiwa Puskesmas Talun, SRI Indah mengatakan total ada 200 ODGJ di wilayah Talun. Posyandu ini dilakukan satu bulan sekali.  

"Setiap kegiatan posyandu, ada lima meja petugas yang siap melayani para penderita ODGJ," ungkapnya, Jumat 9 April 2021.

Diharapkan, dengan kegiatan posyandu rutin ini mampu mengurangi dan menyembuhkan penderita ODGJ di wilayah Talun.


(ADI)

Berita Terkait