Jadi Lawan Indonesia, 5 Pemain Curacao Pernah Merumput di Liga Inggris

Vurnon Anita/ist Vurnon Anita/ist

JAKARTA: Tim Nasional Indonesia akan menghadapi kekuatan Curacao  dalam FIFA Match Day pada 24 dan 27 September 2022. Sesuai jadwal, pertandingan pertama akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan laga kedua di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Curacao merupakan negara dari Kepulauan Karibia dengan peringkat ke-84 FIFA. Sementara Indonesia saat ini menduduki posisi ke-155 dunia.

Pemain-pemain timnas Curacao mayoritas bermain di Eropa. Pada 2019 Curacao tercatat menembus babak perempat final Gold Cup yang merupakan kejuaraan yang berlangsung di kawasan Amerika Tengah dan Utara. Selain itu pada 2017 Curacao juga menjadi kampiun Piala Karibia.

BACA: Tekuk Vietnam, Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-20 2023

Pelatih Remko Bincentini sudah memanggil 23 pemain yang akan dibawa ke Indonesia. Lima pemain diantaranya memiliki pengalaman bermain di Liga Primer Inggris. Siapa saja mereka?

1. Vurnon Anita

Vurnon San Benito Anita (lahir 4 April 1989) adalah seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Belanda yang bermain pada posisi gelandang bertahan untuk klub Newcastle United dan tim nasional Belanda.

Anita ditemukan pemandu bakat Ajax kemudian bergabung dengan akademi sepak bola Ajax pada tahun 1999. Pada musim kompetisi 2005–06 ia bergabung dengan tim utama Ajax. Pada bulan April 2011, ia menandatangani kontrak baru dengan Ajax, berdurasi hingga tahun 2013.

Anita kemudian bergabung ke Newcastle United dengan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun pada 16 Agustus 2012.  

2. Juninho Bacuna

Juninho Bacuna adalah tercatat pernah bermain sebagai gelandang tengah di klub Divisi 2 Liga Inggris  Birmingham City. Sebelumnya pernah memperkuar klub Liga Inggris Huddersfield Town.

 
3. Kenji Gorré

Kenji Joel Gorré  pernah bermain di klub Liga Inggris Swansea City pada musim, 2014-2015. Namun hanya mencatakan satu kali penampilan.

Saat ini, pemain sayap kiri berusia 27 tahun itu membela klub Primeira Liga (Portugal) Boavista. Mantan binaan Akademi Manchster United Lahir di Belanda putra mantan pesepakbola profesional Dean Gorré

4. Leandro Bacuna

Pada 13 Juni 2013  Bacuna menandatangani kontrak tiga tahun dengan klub Liga Premier Aston Villa. Benomor punggung 7, Bacuna membuat banyak orang terkesan dengan musim debutnya untuk The Villains. Bacuna mencetak gol pertamanya di Liga Premier pada 28 September di kandang Manchester City.

Pada 31 Januari 2019, Bacuna pindah ke klub Championship Cardiff City, menandatangani kontrak empat setengah tahun. Kontrak Bacuna sudah berakhir pada 30 Juni 2022.

5. Cuco Martina

Cuco Martina, dikenal juga sebagai Rhuendly Martina. Lahir 25 September 1989 berkewarganegaraan Curaçao kelahiran Belanda yang pernah bermain untuk klub Liga Inggris Southampton. Ia biasa bermain pada posisi gelandang.

 

 


(TOM)

Berita Terkait