Belum Dapat Izin, Laga Persebaya Vs Arema FC Ditunda

Persebaya Surabaya saat latihan (Foto / Istimewa) Persebaya Surabaya saat latihan (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Pertandingan Liga 1 antara Persebaya Surabaya vs Arema FC ditunda. Keputusan itu diambil PT Liga Indonesia (LIB) lantaran aparat kepolisian belum memberikan izin. Keputusan penundaan ini tertuang dalam surat Nomor 084/LIB-KOM/III/2023 perihal Status Pertandingan BRI Liga 1-2022/2023 NP. 247. Ada tiga rujukan yang mendasari penundaan tersebut, yakni surat dari Persebaya Surabaya, Polda Jawa Timur dan Surat PSSI nomor: 709/AGB/96/II-2023.

Komisaris PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (AABBI) Tatang Dwi Arifianto mengatakan, pihaknya menerima apa pun keputusan dari PT LIB dan PSSI, termasuk penjadwalan ulang pertandingan bigmatch melawan Persebaya.

"Kami menerima surat penjadwalan ulang pertandingan yang disampaikan oleh PT LIB, pada intinya kami mematuhi apa pun keputusannya," ungkap Tatang Dwi Arifianto, Rabu 1 Maret 2023.

Diketahui, pertandingan antara Persebaya Surabaya vs Arema FC sedianya digelar pada 5 Maret 2023 di Stadion Gelora Joko Samudro. Namun karena sejumlah hal, terutama kemananan polisi mengeluarkan laga ini belum diizinkan digelar.

baca  juga : Payah! Timnas Indonesia Keok Lawan 10 Pemain Iraq

Di putaran pertama lalu, Persebaya yang bertindak sebagai tim tamu memang berhasil mengalahkan Arema FC 2-3 di kandang mereka Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang. Namun setelah pertandingan kericuhan terjadi, diawali dari masuknya beberapa suporter ke dalam lapangan sehingga membuat kondisi tak terkendali.

Selanjutnya, tindakan kepolisian yang menyemprotkan gas air mata untuk membubarkan suporter berbuntut panjang. Suporter yang di tribun terpaksa berdesakan karena panik menghindari semprotan gas air mata, hingga mengakibatkan 135 orang nyawa melayang, dan setidaknya tak kurang 600 orang terluka.

 


(ADI)

Berita Terkait