Heboh! Tanah Amblas di Tuban Berubah Jadi Danau

Lokasi tanah amblas di  Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban/metrotv Lokasi tanah amblas di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban/metrotv

TUBAN: Fenomena alam berupa tanah amblas di Kabupaten Tuban, Jawa Timur membuat warga  gempar. Tanah milik warga ini turun ke bawah hingga kedalaman 1,5 meter membentuk lingkaran kubangan besar dengan genangan air menyerupai danau.

Peristiwa  yang membuat warga geger ini terjadi di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Belum diketahui secara pasti penyebab amblesnya tanah tersebut.

Sehari-hari, lokasi tanah ini biasa dijadikan warga sebagai tempat menggembala hewan ternak maupun tempat warga mencari rumput.

Kepala Desa Tasikharjo Damuri mengatakan, kronologi tanah amblas tersebut diketahui pertama kalinya oleh seorang penggembala pada Rabu 18 Mei 2022.

BACA: 404 Sapi Terjangkit PMK di Sidoarjo Dinyatakan Sembuh

"Saat itu, ada yang menggembalakan hewan ternak sapi di sekitar tanah tersebut. Namun, penggembala tersebut kaget mengetahui tanah itu ambles secara tiba-tiba dan menjadi kubangan besar mirip danau, " ujarnya.

Melihat kejadian itu, warga kemudian melaporkannya kepada perangkat desa dan  diteruskan kepada forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) setempat.

Mendapatkan laporan tersebut, Forkopimka Jenu kemudian langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan. Kini, lokasi tanah ambles tersebut telah dipasang garis police line oleh petugas.

Langah ini sebagai antisipasi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan kepada warga setempat yang melihat kejadian fenomena alam tersebut.

 


(TOM)

Berita Terkait