Viral Bagi-Bagi Amplop di Masjid, Politikus PDIP Ini Sebut Zakat Mal hingga Dana Reses DPR

Amplop berlogo partai PDIP berisi uang viral di medsos (Foto / Istimewa) Amplop berlogo partai PDIP berisi uang viral di medsos (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Plt Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur, Said Abdullah menjelaskan tentang viral video bagi-bagi amplop di masjid. Dalam video itu, terdapat logo dan gambar pada amplop tersebut. Dia menjelaskan, pembagian amplop bukan bentuk politik uang. Namun, kata dia amplop berisi uang itu merupakan bentuk kewajibannya sebagai umat Islam untuk mengeluarkan zakat.

"Bagi saya kalau itu zakat mal, itu rukun Islam. Kalau saya tidak keluarkan, gugur Islam saya," ujar Said, Senin 27 Maret 2023.  

Menurutnya, amplop itu juga merupakan bentuk tali asih antara anggota DPR dengan rakyatnya. Apalagi, lanjut dia setiap legislator mempunyai dana reses. "Nah anggota DPR itu juga punya dana reses dan semua anggota DPR melakukan hal yang sama. Kan itu bagian tali asih dengan konstituennya. Kalau enggak dibagikan, akuntabilitasnya bagaimana?" katanya.

Dia menjelaskan, sering membagikan amplop berisi uang sejak 2006. Selain itu, amplop dibagikan di masjid miliknya. "Itu masjid saya Masjid Abdullah Sychan Baghraf, itu nama bapak saya," ucapnya.

baca juga : Nginep di Mall, Pria di Jemnber Ini Curi 3 Televisi

Sebelumnya viral video yang menampilkan bagi-bagi amplop bergambar Plt Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah. Dalam video yang dibagikan oleh akun Twitter @PartaiSocmed itu terdapat uang pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 di dalam amplop tersebut.

"Siapapun pelakunya kita doakan semoga mendapatkan pahala karena jika dilihat dari reply dan QRT tweet diatas mendadak banyak netizen yang menanyakan lokasi Masjid untuk ikut taraweh disana," tulis akun Twitter @PartaiSocmed.


(ADI)

Berita Terkait