Hore! 11 Juta Vaksin Produksi Bio Farma Sudah Kantongi Lot Release

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Clicks: Sebanyak 11 juta dosis vaksin covid-19 produksi PT Bio Farma sudah mengantongi sertifikat lot release. Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Bahkan, sebagian dari belasan juta vaksin tersebut sudah didistribusikan ke masyarakat untuk digunakan.

"Sudah kami distribusikan sebanyak 7,2 juta dosis untuk program vaksinasi gelombang ke dua untuk petugas pelayanan publik dan lansia," ujar juru bicara PT Biofarma Bambang Heriyanto kepada Medcom.id, Kamis, 4 Maret 2021.
 
Bambang menjelaskan belasan juta vaksin tersebut merupakan bagian dari 13 juta vaksin covid-19 yang mulai diproduksi sejak 12 Februari 2021. Tersisa dua juta vaksin yang belum mengantongi sertifikat lot release.

"Karena lot release dari BPOM, jadi estimasi 8 Maret (keluar) ya," jelasnya.

Dia menyebut kurang lebih 3,8 juta vaksin yang belum didistribusikan karena belum ada instruksi dari Kementerian Kesehatan. Batch produksi vaksin yang belum didistribusikan kemungkinan akan didistribusikan setelah lot release terbit.
 
Sertifikat lot release merupakan salah satu syarat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sertifikasi dilakukan BPOM terhadap hasil uji vaksin bahan baku dari Sinovac yang diolah Bio Farma untuk memastikan kualitasnya. (Kautsar Widya Prabowo)
 


(SYI)

Berita Terkait