Lima Mahasiswa Unusa Raih Juara LoKreatif Tingkat Nasional

Devaldi Akbar Suryadi salah satu mahasiwa yang meraih juara dalam ajang LoKreatif tahun 2020 (Foto / Metro TV) Devaldi Akbar Suryadi salah satu mahasiwa yang meraih juara dalam ajang LoKreatif tahun 2020 (Foto / Metro TV)
SURABAYA : Lima Mahasiswa dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) meraih juara pertama Lomba Nasional Kreativitas Mahasiswa LO KREATIF 2020 (LoKreatif 2020) diselenggarakan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah VII Jawa Timur.

Lima mahasiswa yang meraih juara itu antara lain Devaldi Akbar Suryadi, Rr. Fadila Kusumaning Ayu, Nur Fauziah, Zahrotul Jannah dan Tri Nadia Ningsih. Kelima mahasiswa ini membuat aplikasi Planetarium Glass.
 
Devaldi Akbar Suryadi menjelaskan ide ini berawal dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang tidak lolos. Kemudian ia dan teman-temannya mencoba mengikuti lomba ini. Planetarium Glass merupakan salah satu aplikasi pembelajaran planet-planet pada saat covid-19 dengan teknologi Augmented Reality (AR).

"Dari kegagalan itu kami terus mengembangkan aplikasi ini untuk akhirnya kami lolos dan masuk semi final," ucap Devaldi, Kamis 14 Januari 2020.

Devaldi menjelaskan aplikasi ini guna membantu pembelajaran anak sekolah dasar tentang planet dengan bantuan aplikasi AR. Ditengah pandemi covid-19 seperti saat ini membuat guru dalam pembelajaran sains.

"Jadi siswa akan lebih mudah untuk memahami pembelajaran planet," ucapnya.

Dalam aplikasi Planetarium Glass ini gambar akan keluar objek tiga dimensi (3D) serta penjelasan dari tiap objek.

"Misal kartu objek bumi, akan keluar juga animasi bumi berputar secara tiga dimensi disertai penjelasan planet bumi seperti apa," jelas Devaldi.

Devaldi berharap melalui aplikasi ini dapat membantu literasi anak-anak terutama pada bidang sains di Indonesia rendah sekali menurut data PISA oleh OECD.

"Jadi kami ingin membantu anak-anak serta tenaga pendidik untuk belajar bidang sains yang mudah dimengerti apalagi saat pandemi sepert ini," tandasnya.


(ADI)

Berita Terkait