Fenomena Bulan Baru 19 Mei, Waspada Banjir Rob!

Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA: Fenomena fase bulan baru pada 19 Mei mendatang mengancam masyarakat pesisir. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi banjir rob di sejumlah wilayah, termasuk Jawa Timur!

"Itu berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Berdasrkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo dalam keterangan resmi, Selasa (16/5).

Beberapa wilayah itu di antaranya pesisir Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Selatan.

BACA: Rumah Warga Ini Dihantam Meteroit Berusia 4,6 Miliar Tahun

Eko menegaskan bahwa potensi banjir pesisir ini berbeda waktu di setiap wilayahnya. Namun secara umum, potensi itu dapat berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas pemukiman di pesisir serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memerhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG melalui kanal resmi BMKG," tandasnya.


(TOM)

Berita Terkait