Jemaah Haji Asal Malang Wafat Saat Tawaf

Ilustrasi Ilustrasi

MALANG: Jemaah haji asal Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, bernama Asnawi, 61 tahun, dilaporkan wafat saat berada di Mekkah.

"Ya ada satu orang yang meninggal dunia. Sudah lima hari yang lalu," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang, Sahid, saat dikonfirmasi, Rabu 14 Juni 2023.

Sahid mengaku, CJH atas nama Asnawi meninggal dunia karena sakit. Ia menyebutkan jenazah CJH tersebut telah dimakamkan di Mekkah.

"Pak Asnawi dari Tirtoyudo. Meninggal karena sakit dimakamkan di Tanah Suci Mekkah," imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Malang, Abdul Salam, mengatakan, CJH atas nama Asnawi meninggal dunia karena penyakit jantung. Ia dilaporkan meninggal di Masjidil Haram.

BACA: 4 Kloter Tambahan untuk 1.300 Jemaah Haji Diberangkatkan dari Jatim

"Riwayat penyakit jantung. Meninggalnya setelah tawaf kedua di Masjidil Haram sesaat melakukan umroh wajib," ucap dia.

Total ada 1.512 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ribuan CJH ini berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Kamis pagi, 8 Juni 2023 lalu.

Ribuan CJH tahun 1444 H/2023 M ini secara resmi diberangkatkan dari Pos Polisi 12.0 Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Mereka terbagi dalam empat kloter, yakni kloter 40, 41, 42, dan 43.

Ribuan CJH asal Kabupaten Malang ini berangkat ke tanah suci pada Jumat 9 Juni 2023. CJH asal Kabupaten Malang sendiri masuk ke dalam gelombang kedua pemberangkatan.

 


(TOM)

Berita Terkait