Yuk! Hindari 5 Makanan & Minuman Ini Supaya Mudah Tidur

Ahli mengatakan kamu bisa mengganti makanan yang aman sebelum tidur. (Foto: Ilustrasi/Pexels.com) Ahli mengatakan kamu bisa mengganti makanan yang aman sebelum tidur. (Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

Clicks.id: Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan. Sayangnya, mendapatkan tidur yang berkualitas bukan hal mudah. Terutama bagi Anda yang gemar makan sebelum beranjak ke kasur. 

Sebagian orang tidak memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya sebelum tidur. Padahal, banyak makanan yang perlu dihindari. 

Melansir Gaya.id, berikut daftar makanan yang seharusnya dihindari menurut ahli diet Julie Stefanski, M.Ed., RDN: 

1. Makanan pedas

Penggemar makanan pedas mungkin akan gigit jari dengan fakta ini. Namun, nyatanya makanan pedas memiliki kadar capsaicin yang tinggi, fitokimia yang meningkatkan metabolisme dan thermogenesis. Ini dapat mengganggu tidur beberapa orang.

Makanan pedas juga berpotensi mengacaukan pencernaan. Bahkan di tengah malam setelah kamu sudah terlelap.

Baca: Catat! 5 Makanan dan Minuman Ini Dapat Memicu Migrain

2. Gorengan dan berlemak

Makanan berlemak atau digoreng dapat menghasilkan asam dalam lambung naik. Tetapi makanan yang mengandung lemak sehat dapat dikonsumsi. Seperti kacang-kacangan, biji-bijian, atau alpukat. 

3. Alkohol 

Tidak hanya mengganggu tidur, banyak penelitian juga mencatat alkohol dapat membuat Anda sulit bangun keesokan harinya. 

Baca: 7 Jenis Makanan Ini Tak Bikin Gendut, Bisa Dimakan Sepuasnya!

4. Makanan Asam 

Sebisa mungkin hindari makanan asam bisa terlalu dekat dengan waktu tidur. Termasuk gula, produk susu dan daging tertentu, serta makanan yang dipanggang.

5. Minuman berkarbonasi dan berkafein

Tidak hanya kopi, soda dan teh berkafein juga dapat membuat Anda tetap terjaga pada malam hari. Sementara itu, minuman berkarbonasi juga dapat memicu gangguan pencernaan.


(UWA)

Berita Terkait