2 Kapal Pinisi Terbakar di Pelabuhan Kalimas Surabaya

Kondisi kapal terbakar di Kalimas (Foto / Istimewa) Kondisi kapal terbakar di Kalimas (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Dua Kapal Pinisi terbakar di Pelabuhan Kalimas Baru Surabaya, Minggu 17 Juli 2022 dini hari. Tidak korban jiwa dalam insiden ini, namun diperkirakan kerugian materiilnya cukup besar, karena kapal terbakar keseluruhan. Diduga, api muncul dari arus pendek listrik.

Kebakarakan terjadi sekitar pukul 02.56 WIB. Dua kapal yang terbakar yakni Kapal KM Rukun Abadi dan Kapal KM Duta Kencana. Kasie Operasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya, Trianjaya membenarkan adanya insiden kebakaran kapal tersebut. Diduga karena korsleting listrik.

"Kejadiannya dini hari tadi. Api pokok padam sekitar pukul 05.11 WIB, dan pembasahan serta dinyatakan kondusif sekitar pukul 08.47 WIB," katanya.

Trianjaya menjelaskan, awal kebakaran bermula dari dapur bagian belakang Kapal KM Rukun Abadi yang tiba-tiba muncul api, kemudian membesar hingga menyambar Kapal KM Duta Kencana yang berada tepat di sebelahnya. Karena api semakin membesar, anak buah kapal lantas meminta pertolongan ke pihak Pelabuhan. Kemudian diteruskan ke call center 112 Surabaya.

Baca juga : Waspada!, Sejumlah Wilayah di Jawa Timur Berpotensi Hujan Lebat

Mendapat laporan itu, petugas pemadam kebakaran (PMK) langsung diterjunkan ke lokasi. Untuk memadamkan dua kapal tersebut, petugas menerjukan hingga 15 unit mobil PMK, yang 3 di antaranya dari Unit Tempur PMK Pelindo.

"Alhamdulillah tidak sampai ada korban jiwa. Namun Kapal KM Rukun Abadi terbakar keseluruhan dan karam. Untuk kapal KM Duta Kencana terbakar hanya 50% di bagian nahkoda dan di bagian dek kapal aman," jelasnya.

 


(ADI)

Berita Terkait